Isti’anah, Isti’anah (2022) Fa'aliyah ta'lim almuta'adid alma'arif litarqiyah ta'lim maharah alqira'ah ladaay al thulaab fii alfashl alhadi 'asyar limadrasah altsaanawiyah al'iislamiyah alhukumiyah 2 rimbang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (924kB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (607kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (840kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (619kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (798kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (780kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (564kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (540kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait keterampilan membaca teks bahasa Arab peserta didik kelas XI MAN 2 Rembang yang masih di bilang sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya peserta didik mempunyai latar belakang sekolah yang berbeda dan mayoritas dari mereka belum mengenal pendidikan pesantren. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk memperoleh data terkait penerapan model pembelajaran multiliterasi, 2) untuk mengetahui perbedaan secara signifikan keterampilan membaca teks bahasa Arab peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran multiliterasi pada kelas XI MAN 2 Rembang. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan nonequivalent control group design. Data peneliti dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rancangan pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penerapan model pembelajaran multiliterasi hanya diberikan kepada kelas ekpserimen, sedangkan kelas kontrol masih menggunakan pembelajaran konvensional. Pada masing-masing kelas di awal pertemuan diberikan soal pre-test, untuk pertemuan berikutnya diberikan model pembelajaran berbeda dan di akhir pertemuan diberikan soal post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji-T menunjukkan 0,000, dimana 0,000 lebih kecil dari sig. 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 di tolak dan Ha di terima atau terdapat efektifitas pembelajaran multiliterasi dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Adapun hasil uji N-Gain Score di peroleh nilai rata-rata kelas eksperimen 70,8% yang masuk dalam kategori cukup efektif. Maka, penelitian ini berkesimpulan bahwa pembelajaran multiliterasi memberikan tingkat efektifitas yang cukup dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Multiliterasi dan Keterampilan Membaca |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 01:53 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 01:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8259 |
Actions (login required)
View Item |