Thoha, Agus Ahmad (2022) Analisis Peluang dan Tantangan MTs Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati dalam Menghadapi Karakter Pembelajaran Era Abad 21. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (78kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (132kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (363kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (146kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (601kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
Abstract
Era globalisasi memberi dampak yang cukup luas dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk tuntutan dalam penyelenggaraan pendidikan. Salah satu tantangan nyata tersebut adalah bahwa pendidikan hendaknya mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi utuh, dikenal dengan kompetensi abad 21. Kompetensi abad 21 merupakan kompetensi utama yang harus dimiliki siswa agar mampu berkiprah dalam kehidupan nyata pada abad 21. Di abad 21 peluang untuk mampu menciptakan pendidikan yang dapat ikut menghasilkan sumber daya pemikir yang mampu ikut membangun tatanan sosial dan ekonomi sadar pengetahuan sebagaimana layaknya warga dunia di Abad 21. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peluang dan tantangan madrasah dalam menghadapi karakter pembelajaran abad 21. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan studi lapangan. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data peneliti menggunakan uji kepercayaan yang meliputi perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Sedangkan untuk teknis analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa, terdapat peluang yang dimiliki MTs Matholi'ul Huda dalam menghadapi karakter pembelajarana era abad 21diantaranya: memilili basis massa yang berasal dari pondok pesantren disekitarnya, antusias masyarakat cukup tinggi untuk menyekolahkan anaknya di madrasah tersebut, orangtua peserta didik memiliki tingkat kepercayaan dan prefensi pada madrasah yang memiliki akreditasi A atau unggul, MTs Matholi'ul Huda masih konsisten dengan mapel muatan lokal dengan metode salafnya, sistem promosi madrasah melalui getok tular. Adapun tantangan MTs Matholi'ul Huda adalah: perubahan metode pembelajaran yang berimbas kepada pendidik dan tenaga pendidikan, perkembangan teknologi informasi dan media pembelajaran, perubahan pola pikir pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Implikasinya adalah: manajemen kepala madrasah harus mampu merubah guru-guru agar bertambah pengalaman dan berinovasi dalam pembelajaran abad 21, dalam pembelajaran siswa dituntut aktif dan menyumbangkan gagasan-gagasan yang inovatif serta mampu berkolaborasi dengan yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peluang, Tantangan, Karakter Pembelajaran Abad 21 |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 03:29 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 03:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8591 |
Actions (login required)
View Item |