Rohmah, Miftahur (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Pencernaan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (160kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (489kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (722kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (481kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (519kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (147kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numerical atau angka yang diolah dengan metode statistika. Dalam penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian pre eksperimental atau eksperiment lemah, yaitu ekperimen yang hanya melibatkan satu kelompok dan tidak ada kelompok pembanding ataupun kontrol. Dengan model rancangan pre-test dan post-test one group design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Islam Tuan Sokolangu yang terdiri dari 29 siswa, dengan pokok bahasan sistem pencernaan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA), sedangkan variabel terikatnnya adalah kemampuan berpikir kritis. Data dikumpulkan melalui tes berpikir kritis berupa tes essay angket, dan dokumentasi. Selanjutnya menggunakan rubrik penilaian untuk mengukur hasil kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis menggunakan bantuan SPSS versi 16 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan rata-rata nilai sebelum dan setelah digunkannya model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pencernaan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata yang meningkat dari 38,30 menjadi 78,30 dan hasil uji hipotesis = 0,000 menandakan Asymp.Sig 2 tailed < 0,05 atau H0 ditolak dan H1 diterima pada taraf nyata = 0,05. 2) respon terhadap pemggunaan model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) sangat setuju yaitu sebesar 88,72%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) adalah baik, dan layak digunakan saat pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Reading, Questioning, and Answering (RQA) | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 04:15 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 04:15 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9016 |
Actions (login required)
View Item |