Penerapan Pendekatan SAVI dengan strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs

Af’idah, Aini Nurul (2022) Penerapan Pendekatan SAVI dengan strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (332kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (448kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (909kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)

Abstract

Kebanyakan siswa masih mempunyai kemampuan yang rendah dalam memahami permasalahan matematika. Mereka masih mengganggap jika semua soal matematika merupakan suatu masalah. Sehingga siswa kesulitan dalam mengkorelasikan antara apa yang telah dipelajari dengan bagaimana menerapkannya dalam permasalahan tersebut. Hal itu dikarenakan siswa masih sulit memahami konsepnya. Salah satu penyebabnya yaitu guru yang masih mengajar dengan cara konvensional. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, peneliti berusaha mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa apabila diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dengan strategi Index Card Match dan apakah siswa yang diajar menggunakan pendekatan SAVI dengan strategi index card match memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik di banding dengan siswa yang diajar menggunakan pendekatan konvensional. Subyek penelitian terdiri dari dua kelompok , sebanyak 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 33 siswa sebagai kelompok Kontrol. Kedua kelompok berasal dari kelas VIII. Sampel ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan menggunakan metode penelitin Pretest-posttest Control Group Designs. Dengan mnggunakan teknik observasi kemudian data dianalisis menggunkan uji statistic. Setelah data dianilisi menggunakan uji komparasi dua rata-rata berpasangan, didapatkan nilai didapatkan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000, dimana 0,000 < 0,05 sehingga terjadi peningkatan kemampuan pemecahan matematis pada kelas eksperimen sesudah diberikan pembelejaran dengan pendekatan SAVI dengan strategi ICM, dengan rata- rata peningkatan sebesar 25,884. Berdasar pada hasil uji komparasi dua rata – rata pihak kanan yang tidak berpasangan didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 artinya 0,00 terjadi perbedaan nilai rata-rata posttes kelompok eksperimen dan kelompok Kontrol dan rata -rata kelompok eksperimen lebih besar dengan rata-rata sebesar 88,00 dan rata-rata kelompok Kontrol sebesar 47,45. Artinya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan SAVI dengan strategi ICM lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. Kata Kunci: Pendekatan SAVI, Strategi Index Card Match, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Naili LumaatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI, Strategi Index Card Match, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:44
Last Modified: 10 Mar 2023 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9066

Actions (login required)

View Item View Item