Ummah, Rifqotul (2022) Ta'tsir hifz alquran 'alaa maharah qira'ah kitab al safra' laday al thulaab al shaf al hadiy 'asyar min al madrasah al tsanawiyah al islamiyah al'anwar sarang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (375kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (352kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (389kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (548kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (540kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (370kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (371kB) |
Abstract
Penelitian ini bertitik tolak dari adanya fenomena atau fakta bahwa dewasa ini terdapat banyak satuan pendidikan yang menyediakan pembelajaran kitab kuning serta hafalan Al-Qur’an. Baik itu dengan mewajibkan siswanya untuk bertempat tinggal di pondok pesantren, ataupun menyediakannya dalam sekolah formal. Sehingga siswa tidak hanya fokus dalam menghafal Al-Qur’an saja melainkan juga dapat belajar membaca kitab kuning. Meski kitab kuning dan Al-Qur’an sama-sama tertulis dengan bahasa Arab, namun keduanya jelas berbeda. Sebab yang dikaji dalam kitab kuning adalah isi kandungan dari bacaannya, sedangkan Al-Qur’an dapat dihafalkan secara tekstual tanpa memahami isi kandungannya terlebih dahulu. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara hafalan Al-Qur’an terhadap kemampuan membaca kitab khususnya bagi siswa MA Al-Anwar Sarang. Mengingat bahwa MA Al-Anwar sarang merupakan satuan pendidikan yang menyediakan pembelajaran membaca kitab serta hafalan Al-Qur’an sekaligus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada 37 responden, serta wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui model pembelajaran dan sistem hafalan Al-Qur’an yang berlangsung di lokasi penelitian yakni di MA Al-Anwar Sarang. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan teknik regresi sederhana untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari variabel x terhadap variabel y. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari data yang diperoleh ialah 0,828 yang mana ini berarti lebih besar dari nilai Alpha 0,05 sehingga H1 ditolak dan H0 diterima. Dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh antara variabel x (hafalan Al-Qur’an) terhadap variabel y (keterampilan membaca kitab kuning)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 04:49 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 04:49 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9238 |
Actions (login required)
View Item |