Fungsi Digital Marketing terhadap Peningkatan Profit (Studi pada UMKM Fashion Alfasa di Kota Kudus)

Margareta, Fani (2023) Fungsi Digital Marketing terhadap Peningkatan Profit (Studi pada UMKM Fashion Alfasa di Kota Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (687kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (860kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan mengenai fungsi digital marketing terhadap peningkatan profit, konsep digital marketing yang diterapkan, dan untuk mengetahui kendala serta manfaat dalam penerapan digital marketing pada UMKM fashion Alfasa di Kota Kudus. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan merupakan penelitian yang dilakukan di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi langsung responden. Metode pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara secara mendalam, observasi, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Penelitian ini dilakukan di UKMKM Fashion Alfasa di Kota Kudus. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Peranan digital marketing berpengaruh terhadap semakin banyaknya mitra yang tergabung dengan UMKM fashion Alfasa serta kenaikan penjualan yang mengakibatkan peningkatan profit yang didapatkan oleh UMKM fashion Alfasa di Kota Kudus. (2) Konsep digital marketing yang digunakan adalah dengan pembagian segmentasi pasar, pembentukan mitra, memberikan pelayanan terbaik kepada customer, perluasan pemasaran melalui berbagai media sosial dan mengamati sumber daya manusia, menentukan target pasar, mengetahui produk yang dibutuhkan, pembuatan konten yang menarik, pelaksanaan give away, dan pemberian diskon. (3) Kendala yang dirasakan adalah pembatalan sepihak yang dilakukan oleh customer dan ulasan yang kurang baik, sedangkan manfaat dalam penerapan digital marketing adalah mudahnya akses dalam jual beli barang, banyak orang yang mengetahui produk dan brand Alfasa, menekan biaya promosi, mudahya interaksi dengan pelanggan, dan meningkatnya konversi penjualan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusrini, EniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: digital marketing, profit.
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 May 2023 02:19
Last Modified: 15 May 2023 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/9968

Actions (login required)

View Item View Item