Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VIII di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus

Shifa, Echtavia Maula (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Kelas VIII di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (335kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (483kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (426kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (592kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (734kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (443kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas VIII MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII A dan VIII B sejumlah 76 siswa, kemudian diambil sampel 59 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas VIII di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus termasuk dalam kategori baik. Hasil Belajar Kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas VIII di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus termasuk dalam kategori sangat tinggi, serta terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan Hasil Belajar Kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas VIII di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus, dengan persamaan regresi Ŷ = 71,311+ 0,920X. Sedangkan hubungan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan Hasil Belajar Kognitif peserta didik adalah sebesar 0,226 yang termasuk dalam kategori rendah. Pada koefisien determinasi diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay memiliki pengaruh sebesar 0,051 sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay memiliki pengaruh sebesar 5,1% terhadap Hasil Belajar Kognitif peserta didik. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay mempunyai hubungan yang positif dan kurang signifikan dengan Hasil Belajar Kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq kelas VIII di MTs NU Mafatihul Ulum Sidorekso Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmanto, IsmantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran Aqidah Akhlaq, Pembelajaran Kooperatif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:35
Last Modified: 27 Jun 2023 01:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10414

Actions (login required)

View Item View Item