Mariana, Shofiana (2023) Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik terhadap Kemampuan Numerasi Peserta Didik di MTs Manahijul Huda. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (422kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (471kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (478kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (845kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (710kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (967kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (268kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) |
Abstract
Kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik merupakan dua kecerdasan yang menjadi modal penting dalam menyelesaikan soal numerasi. Kecerdasan logis matematis berhubungan dengan kemampuan berhitung dan bernalar logis yang dibutuhkan dalam menyelesaikan soal numerasi. Sementara kecerdasan linguistik berhubungan dengan kemampuan bahasa dan kata-kata termasuk membaca kata-kata data kuantitatif dalam berbagai bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan numerasi peserta didik, ada tidaknya pengaruh kecerdasan linguistik terhadap kemampuan numerasi peserta didik, dan ada tidaknya pengaruh kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan numerasi peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan studi lapangan dengan pendekatan kuantitatif bertipe ex pose facto. Penelitian dilaksanakan di MTs Manahijul Huda kelas VIII dengan sampel sebanyak 31 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen tes kecerdasan logis matematis dan tes kemampuan numerasi, serta angket kecerdasan linguistik. Adapun untuk menganalisis datanya menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kecerdasan logis matematis memiliki hubungan yang kuat (R_xy=0,742) dan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan numerasi peserta didik sebesar 55,01%, 2) Kecerdasan linguistik memiliki hubungan yang kuat (R_xy=0,659) dan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan numerasi peserta didik sebesar 43,44%, 3) Kecerdasan logis matematis dan kecerdasan linguistik memiliki hubungan yang kuat (R_(y.12)=0,784) dan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kemampuan numerasi peserta didik sebesar 61,64% baik secara parsial dan simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Logis Matematis, Kecerdasan Linguistik, Kemampuan Numerasi | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Oct 2023 07:06 | ||||||
Last Modified: | 20 Oct 2023 07:06 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11036 |
Actions (login required)
View Item |