Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kepercayaan terhadap Keputuan Pembelian melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus iGeneration di Jepara)

Erawati, Eriana (2023) Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Kepercayaan terhadap Keputuan Pembelian melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus iGeneration di Jepara). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (724kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (673kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review, online customer rating, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee. Penelitian dilakukan pada iGneration di Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan marketplace Shopee dengan pengumpulan data berupa angket atau kuesioner via google form kepada 96 responden, adapun teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik dan analisis regresi liniear berganda dengan bantuan program IBM statistical package for social sciences atau SPSS versi 26.0. Hasil analisis statistik uji t, diketahui bahwa variabel online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan melalui nilai thitung > ttabel (4,034 > 1,662) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Variabel online customer rating berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan melalui nilai thitung > ttabel (2,766 > 1,662) dengan taraf signifikan 0,005 < 0,05. Variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan melalui nilai thitung > ttabel (3,345 > 1,662) dengan taraf signifikan 0,002 < 0,05. Variabel online customer review, online customer rating, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee pada iGeneration di Jepara. Hal itu dibuktikan berdasarkan hasil uji F yang peneliti lakukan didapatkan nilai Fhitung 36,537 > nilai Ftabel sebesar 2,704 dan dengan signifikan 0,000. Selain itu diketahui besarnya koefisien determinasi (R Square) pada penelitian ini sebesar 0,544. Artinya besarnya pengaruh variabel online customer review, online customer rating, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian adalah 54,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalil, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Online Customer Review, Online Customer Rating, Kepercayaan, dan Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:57
Last Modified: 22 Oct 2023 07:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11362

Actions (login required)

View Item View Item