Rohmah, Eli Fathur (2023) Penerapan Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Pati. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (694kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (550kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (475kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (577kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (341kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu 1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan religiusitas siswa MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Pati; 2) untuk menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan religiusitas siswa di MTs Tarbiyatul Islamiyah Jakenan Pati. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Adapun pendekatan analisa datanya menggunakan pendekatan reflektif. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan credibility (derajat kepercayaan), triangulasi, dan transferability (keteralihan). Hasil penelitian menunjukkan 1) Pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkatkan religiusitas siswa di MTs Tarbiyatul Islamiyah tersebut dilaksanakan melalui 3 kondisi, yaitu kelas khusus dilaksanakan pada waktu pagi hari kegiatan belajar mengajar, kelas ekstrakurikuler yang bertujuan untuk mendukung program tahfidz, dan situasional yang dilaksanakan dalam lingkungan serta pengkondisian tertentu di pondok pesantren. Dengan harapan, program tersebut mampu meningkatkan pemahaman peserta didik sehingga bisa membentuk religiusitas. 2) faktor pendukung pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di MTs tarbiyatul Islamiyah Jakenan Pati yaitu kurikulum, sarana prasarana, tujuan dan minat peserta didik, dan faktor lingkungan. Dan faktor penghambat pelaksanaaan program tahfidz Al-Qur’an yaitu penggunaan media sosial (hand phone) yang berlebihan sehingga mereka lupa waktu, kemudian sifat malas pada anak-anak tersebut, faktor lingkungan dan kurangnya peran aktif orang tua dalam mendukung pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Program Tahfidz Al-Qur’an, Religiusitas | |||||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2023 03:20 | |||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2023 03:20 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11524 |
Actions (login required)
View Item |