Studi Komparatif Hasil Belajar Psikomotorik Matematika Berdasarkan Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Siswi Kelas VIII MTs NU Banat Kudus Tahun Ajaran 2022/2023

Najah, Safinatun (2023) Studi Komparatif Hasil Belajar Psikomotorik Matematika Berdasarkan Gaya Belajar dan Lingkungan Belajar Siswi Kelas VIII MTs NU Banat Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (910kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (670kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (635kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (642kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar psikomotorik matematika antara siswi kelas VIII MTs NU Banat Kudus yang mempunyai gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik, 2) perbedaan hasil belajar psikomotorik matematika antara siswi kelas VIII MTs NU Banat Kudus yang belajar di lingkungan pondok pesantren dan di rumah, 3) interaksi antara gaya belajar (asuditorial, visual, kinestetik) dan lingkungan belajar (pondok pesantren dan rumah) terhadap hasil belajar psikomotorik matematika siswi kelas VIII MTs NU Banat Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Banat Kudus dengan populasi seluruh siswi kelas VIII tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan rumus Slovin dan taraf kesalahan 10% didapatkan ukuran sampel 81 siswi yang dipilih dengan teknik simple random sampling sebagai sampel dalam penelitian ini. Data terkait gaya belajar dan lingkungan belajar siswi didapatkan dengan teknik angket, sementara data hasil belajar psikomotorik matematika didapatkan dengan metode dokumentasi. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan Two-Ways Anova berbantuan SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh di antaranya: 1) tidak terdapat perbedaan hasil belajar psikomotorik matematika antara siswi kelas VIII MTs NU Banat Kudus yang mempunyai gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik, 2) hasil belajar psikomotorik matematika siswi kelas VIII MTs NU Banat Kudus yang belajar di lingkungan pondok pesantren lebih tinggi dari siswi yang belajar di rumah, 3) tidak terdapat interaksi antara gaya belajar (auditorial, visual, kinestetik) dan lingkungan belajar (pondok pesantren dan rumah) terhadap hasil belajar psikomotorik matematika siswi kelas VIII MTs NU Banat Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmanto, IsmantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Psikomotorik Matematika, Gaya Belajar, Lingkungan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:27
Last Modified: 31 Jul 2024 01:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11876

Actions (login required)

View Item View Item