Pengaruh Kecemasan Dalam Menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Manbaul Huda Pundenrejo Tahun Pelajaran 2022/2023

Hakim, Muhammad Ahsanul (2023) Pengaruh Kecemasan Dalam Menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V MI Manbaul Huda Pundenrejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (463kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (356kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (574kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (665kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (776kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (414kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (416kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah menganalisis tingkat kecemasan siswa, prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA, serta mengetahui pengaruh kecemasan dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Manbaul Huda Pundenrejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasi untuk penelitian ini. Populasi yang diangkat dalam penelitian adalah seluruh siswa Kelas V MI Manbaul Huda Pundenrejo Tahun Pelajaran 2022/2023yang berjumlah 23 siswa yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Peneliti menggunakan teknik penelitian yang utama adalah angket dan dokumentasi. Kemudian analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, statistik deskriptif, dan uji hipotesis. Hasil penelitan menunjukkan bahwasannya: 1) Kecemasan siswa dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Manbaul Huda Pundenrejo termasuk kategori “Tinggi”. Ini ditunjukkan dari hasil mean sebesar 124,13 atau berada pada interval 102 – 125 yang berarti bahwa adalah tergolong “Tinggi”. 2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Manbaul Huda Pundenrejo Tahun Pelajaran 2022/2023 termasuk kategori Cukup. Ini ditunjukkan dari hasil mean sebesar 76,83 atau berada pada interval 70 – 79 yang berarti bahwa adalah tergolong “Cukup”. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kecemasan dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Manbaul Huda Pundenrejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi rxy = 0,851 yang mana nilai korelasi hitung (rxy) lebih besar dari r tabel untuk taraf signifikan 5% (rxy = 0,851> rtabel = 0,413) dan taraf signifikan 1 % (rxy = 0,851> rtabel = 0,526). Nilai koefisien korelasi sebesar 0,851 termasuk dalam kategori korelasi “Sangat Kuat”. Hasil koefisien determinasi (R)2 sebesar 72,4%, artinya kecemasan dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) (variabel X) mempengaruhi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA (variabel Y) di Kelas V MI Manbaul Huda Pundenrejo Tahun Pelajaran 2022/2023 sebesar 72,4%. Sementara nilai regresi (Freg) sebesar 55,035 yang lebih besar dari Ftabel = 4,32 untuk taraf signifikan 5% dan lebih besar dari Ftabel = 8,02 untuk taraf signifikan 1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofiaturrahmah, FifiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Penilaian Akhir Semester, Prestasi Belajar, IPA
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:56
Last Modified: 31 Jul 2024 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11881

Actions (login required)

View Item View Item