Analisis Promosi Wisata Menggunakan Media Sosial Dalam Upaya Meningkakan Minat Pengunjung di Water Park Tembalang Asri Boyolali Demak

Rahmatika, Nila Isti' Zahratur (2023) Analisis Promosi Wisata Menggunakan Media Sosial Dalam Upaya Meningkakan Minat Pengunjung di Water Park Tembalang Asri Boyolali Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (432kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB)

Abstract

Water Park Tembalang Asri Boyolali Demak merupakan wisata kolam bermain anak yang menggunakan air sebagai elemen utamanya, wisata ini baru di buka secara resmi pada 18 Juli 2022, dalam mengembangkan wisata ini masyarakat setempat ikut mendukung dan berperan untuk mengenalkan wisata Water Park Tembalang Asri ini, namun pada kenyataannya partisipasi masyarakat setempat saja itu kurang efektif dalam mengembangkan dan meningkatkan pengunjung Wisata Water Park Tembalang Asri Boyolali Demak ini, perlu dilakukan cara yang lebih baik untuk mengenalkan wisata agar lebih dikenal oleh banyak orang, maka diperlukan promosi yang lebih efektif dan efisian, yaitu menggunakan media sosial, yang mana mempromosikan wisata menggunakan media sosial lebih praktis dan menjangkau banyak pasar. Melalui penggunaan media sosial ini, sangat memudahkan penggunannya dalam mengenalkan, mempromosikan juga mempengaruhi masyarakat dengan foto dan video yang diunggah oleh admin Water Park Tembalang Asri untuk meningkatkan minat calon pengunjung. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui promosi wisata melalui media sosial di Water Park Tembalang Asri. 2) untuk mengetahui media sosial dalam meningkatkan minat pengunjung terhadap Water Park Tembalang Asri. 3) untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dan solusi dalam melakukan promosi wisata melalui media sosial yang dihadapi oleh Water Park Tembalang Asri Boyolali. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatana kualitatif deskriptif, dimana peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang diamati dilapangan dengan lebih spesifik dan mendalam. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini digunakan peneliti untuk memperoleh data yang berupa fakta mengenai promosi wisata menggunakan media sosial dalam upaya meningkatkan minta pengunjung. Dari informan yang terkait dengan teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, teknik dan waktu. Selanjutnya data kemudian dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah 1) promosi wisata melalui media sosial di Water Park Tembalang Asri Boyolali yaitu melalui penciptaan konten yang baik, penentuan paltform, membuat rencana program, dan implementasi program. 2) media sosial dalam meningkatkan minat pengunjung terhadap Water Park Tembalang Asri dalam tahapan minat pengunjung, terdapat empat tahap yang diamati dari wawancara yang dilakukan. Pertama, tahap perhatian, kedua, tahap tertarik, ketiga, tahap hasrat, dan yang keempat, tahap action. 3. Faktor-faktor yang menjadi kendala dan solusi dalam melakukan promosi wisata melalui media sosial yang dihadapi oleh water park tembalang asri boyolali yaitu menentukan konsep dan konten, musim liburan yang terbatas, perubahan kebijakan dan kondisi eksternal, keterbatasan anggaran, dan penulisan caption.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArifin, JaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Promosi Wisata, Minat, Media Sosial
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:13
Last Modified: 31 Jul 2024 07:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11899

Actions (login required)

View Item View Item