Hubungan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah

Khoirina, Tsalitsa (2023) Hubungan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (453kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (610kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (764kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (829kB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (903kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (423kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan literasi matematis siswa di madrasah tsanawiyah khususnya kelas VII yang sedang mengalami masa peralihan dari madrasah ibtidaiyah ke madrasah tsanawiyah. Mathematics anxiety menjadi salah satu faktor lemahnya kemampuan literasi matematis siswa madrasah tsanawiyah di Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan mathematics anxiety dan kemampuan literasi matematis siswa Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Kudus. Jenis penelitian adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan mengambil 62 siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023 sebagai sampel, lalu pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 1) diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,003 < 0,05 dan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar -0,369 yang berarti terdapat hubungan signifikan antara mathematics anxiety dan kemampuan literasi matematis dengan arah berlawanan 2) diperoleh nilai koefisien determinasi yaitu 13,61% yang berarti besar hubungan mathematics anxiety dan kemampuan literasi matematis adalah 13,61% dan sisanya merupakan faktor lain 3) terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara siswa yang memiliki mathematics anxiety rendah, sedang, dan tinggi dimana siswa yang memiliki mathematics anxiety rendah lebih baik daripada siswa yang memiliki mathematics anxiety tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Mathematics Anxiety, Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:55
Last Modified: 26 Sep 2024 01:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12092

Actions (login required)

View Item View Item