Khoirina, Tsalitsa (2023) Hubungan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (453kB) |
|
Text
03. Daftar isi.pdf Download (610kB) |
|
Text
04. Bab 1.pdf Download (764kB) |
|
Text
05. Bab 2.pdf Download (829kB) |
|
Text
06. Bab 3.pdf Download (903kB) |
|
Text
07. Bab 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. Bab 5.pdf Download (423kB) |
|
Text
09. Daftar Pustaka.pdf Download (197kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan literasi matematis siswa di madrasah tsanawiyah khususnya kelas VII yang sedang mengalami masa peralihan dari madrasah ibtidaiyah ke madrasah tsanawiyah. Mathematics anxiety menjadi salah satu faktor lemahnya kemampuan literasi matematis siswa madrasah tsanawiyah di Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan mathematics anxiety dan kemampuan literasi matematis siswa Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Kudus. Jenis penelitian adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan mengambil 62 siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Sabilul Muttaqin Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023 sebagai sampel, lalu pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa 1) diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,003 < 0,05 dan diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar -0,369 yang berarti terdapat hubungan signifikan antara mathematics anxiety dan kemampuan literasi matematis dengan arah berlawanan 2) diperoleh nilai koefisien determinasi yaitu 13,61% yang berarti besar hubungan mathematics anxiety dan kemampuan literasi matematis adalah 13,61% dan sisanya merupakan faktor lain 3) terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara siswa yang memiliki mathematics anxiety rendah, sedang, dan tinggi dimana siswa yang memiliki mathematics anxiety rendah lebih baik daripada siswa yang memiliki mathematics anxiety tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Matematis, Mathematics Anxiety, Pembelajaran Matematika | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Ilmu-Ilmu Murni > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 01:55 | ||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 01:55 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12092 |
Actions (login required)
View Item |