‘I Can Not Focus On My Class’: Class Size and Seating Arrangements Influences Towards EFL Students’ Engagement in the Classroom

Anjelie, Eka Romia (2023) ‘I Can Not Focus On My Class’: Class Size and Seating Arrangements Influences Towards EFL Students’ Engagement in the Classroom. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (902kB)
[img] Text
02. ABSTRACT.pdf

Download (381kB)
[img] Text
03. CONTENTS.pdf

Download (305kB)
[img] Text
04. CHAPTER I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
05. CHAPTER II.pdf

Download (682kB)
[img] Text
06. CHAPTER III.pdf

Download (516kB)
[img] Text
07. CHAPTER IV.pdf

Download (670kB)
[img] Text
08. CHAPTER V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
09. REFERENCES.pdf

Download (499kB)

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan manajemen kelas adalah pengaturan ukuran kelas dan jenis pengaturan tempat duduk. Keduanya dapat memengaruhi keterlibatan, fokus, dan kinerja siswa yang berdampak pada nilai akademis. Small class adalah kelas yang terdiri dari 15-25 siswa, sedangkan large class terdiri dari >25 siswa. Di Indonesia, pemerintah menetapkan jumlah siswa per kelas yaitu 28-36 siswa. Jenis posisi tempat duduk yang sering digunakan di Indonesia adalah traditional row. Siswa dibentuk berbaris dan menghadap ke pusat guru, namun kekurangannya adalah siswa akan tertutupi oleh punggung teman di depannya. Ada yang U-shape dan circle dimana guru berada di tengah dan siswa akan berhadapan langsung dengan guru. Ada grouping untuk membentuk diskusi small group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman siswa dengan ukuran kelas dan pengaturan tempat duduk yang berbeda di kelas yang mempengaruhi keterlibatan siswa selama pembelajaran EFL. Secara signifikan, penelitian ini berfokus pada pemahaman tentang pengalaman yang berbeda pada setiap ukuran kelas dan jenis pengaturan tempat duduk yang berbeda, kemudian mencari tahu jenis yang paling cocok untuk digunakan di kelas. Penelitian ini menggunakan metode naratif inkuiri dengan melakukan wawancara mendalam. Penelitian ini dilakukan di salah satu perguruan tinggi islam di Kudus, Jawa Tengah dengan melibatkan tiga partisipan. Hasil dari penelitian naratif inkuiri ini mennjukkan bahwa semua partisipan memilih small class sebagai tipe ukuran kelas yang sesuai dan U-shape, baris traditional, dan posisi circle sebagai pengaturan tempat duduk yang sesuai untuk partisipan. Ukuran kelas dan pengaturan tempat duduk berdampak positif pada keterlibatan siswa. Siswa yang terlibat secara aktif dan siswa yang terlibat secara pasif di dalam kelas berdampak pada prestasi akademik peserta

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAl Hakim, Muhammad ArifUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Class Sizes and Seating Arrangements, Students Engagements, Classroom Management, Students Experience, Narrative Inquiry
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:32
Last Modified: 27 Sep 2024 07:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item