Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom untuk Mengatasi Perilaku Merokok pada Siswa Kelas 8 MTs Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus

Faizin, Husnul (2023) Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom untuk Mengatasi Perilaku Merokok pada Siswa Kelas 8 MTs Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (134kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (436kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (678kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (712kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)

Abstract

Masalah perilaku merokok siswa merupakan masalah berkaitan dengan tingkah laku dan akhlak yang dialami oleh seseorang siswa dalam usahanya untuk menemukan jatidiri peserta didik. Minimnya informasi tentang perilkau merokok kepada siswa yang diberikan oleh sekolah, membuat kurangnya pemahaman peserta didik terhadap masalah perilaku merokok pada siswa yang merupakan perbuatan terlarang dilakukan oleh peserta didik di sekolah. Layanan bimbingan kelompok dapat menjadi salah satu alternatif terobosan baru yang lebih efektif untuk mengatasi masalah perilaku merokok siswa, yaitu dengan cara pemberian layanan informasi kelompok menggunakan teknik hoomrome. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom pada siswa kelas VIII MTs Nu Al Falah Tanjungrejo dalam mengatasi masalah perilaku merokok pada siswa Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Ekpsperiment dengan desain pre post control grup desain. Sampel dalam penelitian berjumlah 57 peserta didik sampel dipilih menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket masalah perilaku merokok, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Instrumen penelitian menggunakan model Skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan t-test dengan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis uji t thitung < t tabel dengan α = 0,05, dengan hasil diperoleh 0,00 < 0,05 menunjukan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam mengatasi masalah perilaku merokok siswa kelas VIII MTs NU Al Falah Tanjungrejo. Diketahui bahwa penurunan perilaku merokok siswa diperoleh dari data rata-rata kelas kontrol dan eksperimen. Data kelas kontrol menunjukkan rata-rata 73% lebih besar dibanding kelas eksperimen dengan rata-rata skor 59%. Dengan besar effect 0,756 termsu dalam kataristik menurun. Jadi, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik homeroom berpengaruh dalam mengatasi masalah perilaku merokok siswa kelas VIII MTs NU Al Falah Tanjungrejo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBastomi, HasanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Kelompok, Teknik Homeroom, PerilakuMerokok Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:15
Last Modified: 27 Sep 2024 08:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12139

Actions (login required)

View Item View Item