Pengembangan Modul Matematika Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Materi Perbandingan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika

Syfa’Ana, Nilna (2023) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Materi Perbandingan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (557kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (609kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (667kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (783kB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (837kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (476kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan modul, kelayakan modul, dan peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik yang menggunakan modul pembelajaran matematika berbasis Project Based learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan kuantitatif. Pada pendekatan R&D dilakukan pengembangan berupa modul kelas VII dengan materi Perbandingan. Setelah produk jadi, kemudian dilakukan uji kevalidan oleh validator dan uji kelayakan pada peserta didik di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus Kelas VII A dengan instrumen yang digunakan berupa angket. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematika dilakukan dengan memberikan soal Pretest dan Postest. Pada penelitian ini menunjukkan hasil seperti berikut: 1. Pada uji kevalidan yang divalidasi ahli materi oleh dua dosen dan ahli media oeh dua dosen dengan mendapatkan nilai 1,00 dan 0,90 dengan beberapa saran. 2. Pada uji kelayakan diperoleh aspek penyajian materi sebesar 88,22% (sangat baik); aspek tampilan sebesar 89,29% (sangat baik); aspek pembelajaran dengan modul sebesar 87,5% (sangat baik); dan aspek manfaat sebesar 90% (sangat baik). Setelah dinyatakan valid dan layak, modul dilakukan uji coba kepada peserta didik kelas VII untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematika. Kemampuan literasi matematika peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan modul diperoleh hasil nilai Asymp. Sig sebesar 0,00 < 0,05 dan Thitung = 3 < Ttabel = 40, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi matematika yang positif dan signifikan setelah menggunakan modul matematika berbasis Project based Learning (PjBL).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFakhriyana, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul Matematika Berbasis Project Based Learning, Literasi Matematika, Perbandingan
Subjects: Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Oct 2024 08:47
Last Modified: 09 Oct 2024 08:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12290

Actions (login required)

View Item View Item