Relevansi Konsep Etika Peserta Didik Perspektif Imam Ibnu Jama’ah Dalam Kitab Tadzkirotus Sami’ Wal Mutakallim

Amali, Muhammad Faiz (2023) Relevansi Konsep Etika Peserta Didik Perspektif Imam Ibnu Jama’ah Dalam Kitab Tadzkirotus Sami’ Wal Mutakallim. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (308kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (979kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan (library research), yang bertujuan untuk mendeskripsikan konsep tujuan pendidikan Islam perspektif Imam Ibnu Jama’ah kemudian direlevansikan pada pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dalam pengumpulan datanya serta metode analisis isi (Content Analisis). Subyek penelitian ini adalah kitab Tadzkirotus Sami’ Wal Mutakallim yang merupakan data primer dan dibantu dengan beberapa buku yang masih berkaitan dengan data primer. Data-data tentang tujuan pendidikan islam perspektif Imam Ibnu Jama’ah dikumpulkan dengan teknik dokumentasi serta teknik Content Analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Etika peserta didik perspektif Ibnu Jama’ah diklasifikasikan ke dalam 3 bentuk. Pertama, etika peserta didik terhadap dirinya sendiri. Kedua, etika peserta didik terhadap gurunya. Dan ketiga, etika peserta didik terhadap pelajarannya. 2) Dari ketiga bentuk etika tersebut diatas dapat kita ketahui bahwa Etika Peserta didik perspektif Ibnu Jama’ah masih sangat relevan dengan kondisi Pendidikan saat ini. Diantaranya dapat dibuktikan dengan banyaknya Lembaga-lembaga pendidikan yang berdiri seperti munculnya madrasah – madrasah milik pemerintah maupun swasta baik jenjang Tsanawiyyah maupun Aliyah dan lain sebagainya. Selain itu pada zaman sekarang peserta didik juga dituntut untuk menjaga pergaulan dan juga senantiasa saling menghormati dan menghargai baik sesama peserta didik maupun dengan guru yang dimana hal tersebut sudah termaktub dalam kitab Tadzkirat Al Sami’ Wa Al Mutakallim Fi Adab Al ‘Alim Wa Al Muta’allim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatah, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Etika, Peserta Didik, Pendidikan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:46
Last Modified: 10 Oct 2024 03:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12322

Actions (login required)

View Item View Item