English Learning Program in an Indonesian Islamic Boarding School (a Case Study at One Bilingual Islamic Boarding School in Kudus)

Sari, Tri Susmita (2023) English Learning Program in an Indonesian Islamic Boarding School (a Case Study at One Bilingual Islamic Boarding School in Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (528kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (260kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan program pembelajaran bahasa Inggris di sebuah pesantren di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan beberapa subjek penelitian adalah pengasuh, guru Bahasa Inggris, dan santri dari salah satu pondok pesantren di Indonesia. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data akan disajikan secara deskriptif setelah melalui proses pengumpulan data, reduksi data dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajaran bahasa Inggris di pesantren berjalan dengan baik. Program pembelajaran bahasa Inggris di pesantren Indonesia memainkan peran penting dalam meningkatkan dan dan mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris siswa. Ada beberapa program yang diterapkan seperti pembelajaran dengan guru bahasa Inggris, percakapan bahasa Inggris mingguan, berbicara didepan umum mingguan, penambahan dan pembacaan kosakata harian, praktik menulis, mengarang kalimat dari kosakata, membaca teks bahasa Inggris mingguan, dan pembelajaran dengan tutor sebaya. Ada beberapa faktor pendukung yang menjadikan pembelajaran bahasa Inggris lebih optimal antara lain: 1) Antusiasme siswa yang tinggi. 2) Kegiatan pendukung pembelajaran. 3) Rasa percaya diri siswa. 4) Suasana yang mendukung 5) Pengasuh yang mendukung. 6) Guru Bahasa Inggris yang mendukung. Sedangkan kendala antara lain: 1) Kurangnya waktu belajar dengan guru bahasa Inggris. 2) Fokus bilingual (Bahasa Inggis-Bahasa Arab). 3) Siswa mudah melupakan materi bahasa Inggris 4) Masalah tugas sehari-hari. Oleh karena itu perlu beberapa solusi yang dapat diterapkan berdasarkan kendala adalah sebagai berikut: 1) Penambahan waktu belajar dengan guru Bahasa Inggris. 2) Dibutuhkan lebih banyak ahli Bahasa Inggris untuk dapat mengoreksi dan mengingatkan siswa. 3) Siswa perlu belajar secara mandiri dan memaksimalkan fungsi grup WhatsApp, guru bahasa Inggris dapat menjawab setiap pertanyaan siswa meskipun online. 4) Pengingat berupa kertas berisi kosa kata yang ditempel di setiap tempat yang mudah dijangkau dan buku saku juga sangat berguna untuk mencatat kosa kata yang belum diketahui atau menulis kosa kata baru yang diperoleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNikmah, AlfuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: English learning, Bilingual, Islamic boading school
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 06:33
Last Modified: 10 Oct 2024 06:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item View Item