Aziz, M. Fail Abdullah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (737kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (832kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (689kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (912kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (665kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (659kB) |
Abstract
dikarenakan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik tergolong rendah dan penerapan model pembelajarannya masih banyak menggunakan metode ceramah yang terkasan membuat peserta didik cepat merasa bosan. sehingga menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, 2) Mengetahui peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning, 3) Mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika lebih meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning daripada model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode Quasi Experimental Design atau juga bisa disebut desain eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan diambil kelas eksperimen I dengan diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen II dengan diterapkan model pembelajaran Discovery Learning. Hasil analisis penelitian ini diperoleh kesimpulan yakni: 1) Terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas eksperimen I setelah diterapkannya model Problem Based Learning berdasarkan uji t sample paired yang menunjukkan hasil nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,00<0,05, 2) Terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas eksperimen II setelah diterapkannya model Discovery Learning berdasarkan uji t sample paired yang menunjukkan hasil nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,00<0,05, 3) Tidak terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah diterapkannya model Problem Based Learning daripada model Discovery Learning berdasarkan uji independent t-test yang menunjukkan hasil nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,068>0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Problem Based Learning, Discovery Learning | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2024 04:29 | ||||||
Last Modified: | 15 Nov 2024 04:29 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12580 |
Actions (login required)
View Item |