Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MI Miftahul Huda Tayu, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam

Wildania, Arih (2023) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MI Miftahul Huda Tayu, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (478kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (737kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (310kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (673kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan 1) Untuk mengetahui model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu. 2) Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu. 3) Untuk mengetahui dampak dari kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pengujian keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas, diantaranya yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan conclucion drawing atau verification. Hasil penelitian ini adalah 1) model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu menggunakan model kepemimpinan demokratis. 2) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu, diantaranya yaitu pelatihan pembuatan media pembelajaran, pelatihan penyusunan kisi-kisi dan soal ulangan, pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan evaluasi oleh supervisi kepala madrasah, kemampuan memahami karakteristik peserta didik, dan peningkatan kedisiplinan guru. 3) Dampak kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu yaitu Guru telah memiliki keterampilan yang lebih baik dalam mengelola kelas, meningkatan kemampuan guru dalam melakukan inovasi terhadap metode pembelajaran yang diterapkan, kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran dapat lebih terampil dan menarik, guru memperoleh pemahaman tentang prinsip efisiensi dan faktor kondisi siswa saat memilih media pembelajaran yang sesuai melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorFoqohak, M.A.ZuhurulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kompetensi Pedagogik, Strategi
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Proses Sosial > Leadership/Kepemimpinan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:16
Last Modified: 18 Nov 2024 04:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12590

Actions (login required)

View Item View Item