Wildania, Arih (2023) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MI Miftahul Huda Tayu, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (478kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (347kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (527kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (737kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (310kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (673kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (351kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan 1) Untuk mengetahui model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu. 2) Untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu. 3) Untuk mengetahui dampak dari kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun pengujian keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas, diantaranya yaitu perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan conclucion drawing atau verification. Hasil penelitian ini adalah 1) model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu menggunakan model kepemimpinan demokratis. 2) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu, diantaranya yaitu pelatihan pembuatan media pembelajaran, pelatihan penyusunan kisi-kisi dan soal ulangan, pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan evaluasi oleh supervisi kepala madrasah, kemampuan memahami karakteristik peserta didik, dan peningkatan kedisiplinan guru. 3) Dampak kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Miftahul Huda Tayu yaitu Guru telah memiliki keterampilan yang lebih baik dalam mengelola kelas, meningkatan kemampuan guru dalam melakukan inovasi terhadap metode pembelajaran yang diterapkan, kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran dapat lebih terampil dan menarik, guru memperoleh pemahaman tentang prinsip efisiensi dan faktor kondisi siswa saat memilih media pembelajaran yang sesuai melalui pelatihan pembuatan media pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kompetensi Pedagogik, Strategi | |||||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Proses Sosial > Leadership/Kepemimpinan | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:16 | |||||||||
Last Modified: | 18 Nov 2024 04:36 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12590 |
Actions (login required)
View Item |