Wati, Siti Indah (2024) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (341kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (428kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (437kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (651kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (498kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (718kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (346kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (413kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana tingkat kedisiplinan belajar siswa di MTs Nu Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun 2021/2022? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nu Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun 2021/2022? (3) Adakah pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Nu Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun 2021/2022? Penelitiana ini tergolong penelitian jenis lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu sampel yang diambil secara keseluruhan kurang dari 100.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26.Teknik pengumpulan data menggunakan angket.Analisa data menggunakan rumuskorelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat kedisiplinan belajar siswa di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus tahun 2021/2022 masuk kategori “Baik” yang telah dibuktikan dengan hasil perolehan data pada angket kedisiplinan belajar yaitu memperoleh rata-rata nilai 63,96 dalamrentang interval 64-71 menduduki kategori baik. (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus tahun 2021/2022 masuk dalam kategori “Baik” yang diperoleh dari hasil nilai ulangan tengah semester ganjil mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII nilai rata-ratanya sebesar 76 yang masuk dalam rentang interval 75-78. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus tahun 2021/2022. Dan hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penghitungan dari nilai Fhitung dengan nilai 36,803 dan nilai dari F tabel 4,26 maka 36,803 > 4,26 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar Siswa, Aqidah Akhlak | ||||||
Subjects: | Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 03:13 | ||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:13 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12703 |
Actions (login required)
View Item |