Pengaruh Financial Knowledge, Lifestyle, dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Alat Pembayaran Digital (QRIS) pada Transaksi Retail Masyarakat Muslim di Kota Kudus

Chodlir, Enggar Arrosyad (2024) Pengaruh Financial Knowledge, Lifestyle, dan Persepsi Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Alat Pembayaran Digital (QRIS) pada Transaksi Retail Masyarakat Muslim di Kota Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (639kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (510kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh financial knowledge, lifestyle, dan persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan QRIS pada transaksi ritel Masyarakat muslim di Kudus. Alasan penelitian ini dilakukan adalah dengan seiring bertambahnya jumlah pengguna QRIS baik merchant maupun konsumen pada setiap tahun, namun jumlah maupun nominal transaksi yang dilakukan oleh Masyarakat masih cenderung rendah. Beberapa faktor seperti financial knowledge, lifestyle, persepsi kemudahan dan lainnya yang perlu diketahui menjadi pengaruh terhadap minat penggunaan QRIS pada transaksi ritel, sehingga jika minat penggunaan meningkat maka akan meningkat juga jumlah serta nominal transaksi pembayaran digital mnggunakan QRIS. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengambil sampel sebanyak 100 orang responden, yang merupakan Masyarakat muslim di Kudus. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial financial knowledge dan lifestyle berpengaruh signifikan terhadap penggunaan QRIS. Yang artinya semakin tinggi nilai financial knowledge dan lifestyle maka akan semakin meningkatkan minat penggunaan. Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan. Hal ini menunjukkan bahwa meningkatnya minat penggunaan QRIS hanya untuk transaksi ritel tidak dipengaruhi oleh persepsi kemudahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndriyanto, IrsadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: financial knowledge, lifestyle, persepsi kemudahan, minat penggunaan, retail, pembayaran digital, masyarakat muslim
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Dec 2024 08:05
Last Modified: 10 Dec 2024 08:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12856

Actions (login required)

View Item View Item