Sulistiana, Arif (2023) Pengaruh Implementasi Media Teka-teki Silang (Cross Word Puzzle) Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di MTs Hasyim Asy’ari 03 Hongosoco Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (670kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (342kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (360kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (630kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (417kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (212kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
Abstract
Penelitian ini dengan pendekatan quasi experiment dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari implementasi media teka-teki silang (Cross Word Puzzle) terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian dilaksanakn dengan teknik peneliti terlibat langsung di lapangan untuk mengetahui kondisi real terkait dengan pengaruh implementasi media teka-teki silang (cross word puzzle) terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII MTs NU HASYIM ASY’ARI O3. Menggunakan metode kuantitatif. Melalui pemberian perlakuan atau treatment bertujuan untuk mencari adanya pengaruh terhadap pemberikan perlakuan atau treatmet tersebut agar fenomena yang dikehendaki peneliti dapat tampak dan diamati. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 30 siswa. Data terkait minat belajar dalam pembelajaran IPS dikumpulkan dengan teknik angket. Setelah implementasi media teka-teki silang dilakukan dalam pembelajaran IPS terdapat adanya pengaruh dalam minat belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan analisis uji hipotesis menggunakan program SPSS pada hasil uji paired sample test diperoleh nilai uji-t 5,006, dengan nilai signifikansi α 0,05 maka nilai t tabal 2,042, dengan ini maka thitung > ttabel Sehingga dapat diambil keputusan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh pada implementasi media teka-teki silang (Cross Word Puzzle) terhadap minat belajar dalam pembelajaran IPS di MTs Hasyim Asy’ari Jekulo Kudus. Implementasi media teka-teki silang ini direkomendasikan dalam proses pembelajaran dalam kelas baik pada mata pelajaran IPS atau mata pelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Teka-teki silang, Minat belajar, Pembelajaran IPS | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2024 08:50 | ||||||
Last Modified: | 12 Dec 2024 08:50 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12895 |
Actions (login required)
View Item |