Pengaruh Penggunaan Dompet Digital dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAIN Kudus

Aulia, Fina Maulina (2023) Pengaruh Penggunaan Dompet Digital dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAIN Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (790kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (514kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (457kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (640kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB)

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan seseorang dalam membeli sesuatu secara tidak terencana dan lebih mementingkan keinginan dibandingkan kebutuhan. Usia remaja, sangat rentan terjebak dalam perilaku konsumtif karena senang mencoba berbagai hal untuk mencari jati dirinya, terutama bagi mahasiswa. Perilaku konsumtif dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti kecanggihan teknologi (dompet digital), dan faktor internal seperti literasi keuangan. Sehingga individu diharapkan dapat dengan bijak mengambil kekputusan dan mengelola keuangannya agar tidak menghadapi masalah negative cash low. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya pengaruh penggunaan dompet digital terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa FEBI IAIN Kudus, 2) Adanya pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa FEBI IAIN Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang menghasilkan penjelasan masalah kemudian digeneralisasikan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling yang diambil berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa FEBI di IAIN Kudus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan melakukan pengambilan data melalui penyebaran angket (kuesioner). Teknik analisis data untuk mengukur variabel variabel dalam penelitian ini menggunakan software IBM SPSS Statistics 20. Hasil dari penelitian di antaranya 1) Penggunaan dompet digital tidak mempunyai pengaruh positif terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,334. 2) Literasi keuangan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAbdullah, JunaidiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dompet Digital, Literasi Keuangan, Perilaku Konsumti
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan
Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > E-Commercee, Ekonomi Digital
Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Dec 2024 04:32
Last Modified: 24 Dec 2024 04:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item View Item