Aulia, Fina Maulina (2023) Pengaruh Penggunaan Dompet Digital dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAIN Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (790kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (366kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (308kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (432kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (514kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (457kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (640kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (324kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
Abstract
Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan seseorang dalam membeli sesuatu secara tidak terencana dan lebih mementingkan keinginan dibandingkan kebutuhan. Usia remaja, sangat rentan terjebak dalam perilaku konsumtif karena senang mencoba berbagai hal untuk mencari jati dirinya, terutama bagi mahasiswa. Perilaku konsumtif dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti kecanggihan teknologi (dompet digital), dan faktor internal seperti literasi keuangan. Sehingga individu diharapkan dapat dengan bijak mengambil kekputusan dan mengelola keuangannya agar tidak menghadapi masalah negative cash low. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya pengaruh penggunaan dompet digital terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa FEBI IAIN Kudus, 2) Adanya pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa FEBI IAIN Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang menghasilkan penjelasan masalah kemudian digeneralisasikan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling yang diambil berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa FEBI di IAIN Kudus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan melakukan pengambilan data melalui penyebaran angket (kuesioner). Teknik analisis data untuk mengukur variabel variabel dalam penelitian ini menggunakan software IBM SPSS Statistics 20. Hasil dari penelitian di antaranya 1) Penggunaan dompet digital tidak mempunyai pengaruh positif terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,334. 2) Literasi keuangan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Dompet Digital, Literasi Keuangan, Perilaku Konsumti | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > E-Commercee, Ekonomi Digital Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen |
||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 24 Dec 2024 04:32 | ||||||
Last Modified: | 24 Dec 2024 04:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12994 |
Actions (login required)
View Item |