Rahmawati, Lutvi (2024) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Peluang di MA Darul Hikam. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (587kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (916kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (844kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (886kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (191kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep matematika dan hasil belajar yang rendah pada Madrasah Aliyah di Kudus merupakan permasalahan pokok dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy experimental design dalam bentuk possttest-only control design with nonequivalent design. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan kelas XII A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning sedangkan kelas XII C sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pada kemampuan pemahaman konsep matematika menggunakan uji t sedangkan pada hasil belajar siswa menggunakan uji Mann-Whitney. Dari hasil analisis didapatkan bahwa nilai kemampuan pemahaman konsep matematika pada kelas eksperimen lebih besar dengan rata-rata yaitu 75,64 dan untuk kelas kontrol yaitu 58,50 serta hasil uji t dengan signifikansi sebesar 0,000 sedangkan nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata yaitu 82,40 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 64,09 serta hasil uji Mann-Whitney dengan signifikansi yaitu 0,005. Dari hasil pengolahan data dan analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran secara konvensional, 2) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran secara konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, dan Hasil Belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran Ilmu-Ilmu Murni > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Jan 2025 02:02 | ||||||
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:02 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13158 |
Actions (login required)
View Item |