Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Siswa

Rifana, Itsna Zuhairo (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (879kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (880kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (842kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (781kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (882kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (668kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan di MTs NU Miftahul Ma’arif Kaliwungu Kudus dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-Experimental dengan tipe Design One Group Pretest Posttest. Sampel dalam penelitian diambil dari kelas VII C MTs NU Miftahul Ma’arif yang berjumlah 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Insrumen penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis yang menggunakan uji paired sample t-test diperoleh adanya pebedaan kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar di kelas eksperimen sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran CRH dengan dibuktikan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian hasil penelitian dari tes soal kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh nilai x ̅ posttest lebih tinggi dibanding pretest (88 > 57,6) dan tes angket motivasi belajar dengan nilai x ̅ posttest lebih besar daaripada nilai x ̅ posttest (48,4 > 41) artinya, terdapat peningkatan di kelas eksperimen sesudah mendapatkan perlakuan model pembelajaran CRH. Uji hipotesis selanjutnya yaitu menggunakan uji manova untuk menguji pengaruh terhadap keduanya juga menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana nilai signifikansi kurang dari 0, 05. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Naili LumaatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar, Course Review Horay (CRH)
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Jan 2025 07:10
Last Modified: 15 Jan 2025 07:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13234

Actions (login required)

View Item View Item