Implementasi Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Metode Aide Teacher Dalam Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang Pada Siswa Mengalami Slow Learner Di Mts Matholi’ul Huda Karangsari Cluwak Ajaran 2022/2023

Nihayati, Dina (2023) Implementasi Guru Bimbingan Dan Konseling Dengan Metode Aide Teacher Dalam Memenuhi Kebutuhan Kasih Sayang Pada Siswa Mengalami Slow Learner Di Mts Matholi’ul Huda Karangsari Cluwak Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (308kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (715kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (662kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (549kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (691kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (305kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (593kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi guru Bimbingan dan Konseling dengan metode Aide Teacher dalam memenuhi kebutuhan kasih sayang pada siswa mengalami Slow Learner di Mts Matholi’ul Huda Karangsari Cluwak angkatan 2022/2023 untuk mengetahui bagaimana guru Bimbingan dan Konseling memberikan metode Aide teacher dalam memenuhi kebutuhan kasih sayang terhadap siswa Slow Learner, bagaimana gambaran yang dilami pada siswa Slow Learner, serta apa saja faktor penghambat dan pendukung siswa Slow Learner di Mts Matholi’ul Huda Karangsari Cluwak. Siswa Slow Learner adalah siswa yang lambat dalam proses belajar, sehingga ia membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sekelompok siswa lain yang memiliki taraf intelektual yang sama. Lamban belajar adalah siswa yang kurang mampu menguasai pengetahuan dalam batas waktu yang telah ditentukan. Maka dari itu siswa tipe ini sangat membutuhkan penanganan khusus. Penulis mencoba menggambarkan dan mendeskripsikan implementasi guru BK dengan metode Aide Teacher dalam memenuhi kebutuhan kasih sayang pada siswa mengalami Slow Learner di Mts Matholi’ul Huda Karangsari Cluwak angkatan 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dengan subjek seorang guru Bimbingan dan Konseling dan satu siswa Slow Learner kelas VIII. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemberian layanan oleh guru Bimbimbingan dan Konseling dengan metode Aide Teacher bagi siswa Slow Learner di Mts Matholi’ul Huda Karangsari Cluwak yang mencakup 3 hal, yaitu modifikasi alokasi waktu, modifikasi isi atau materi, dan modifikasi proses pembeajaran sudah terlaksana cukup optimal. Metode yang diberikan oleh guru Bimbingan dan Konseling belum terlaksana dengan maksimal, belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan siswa Slow Learner. selain itu, belum adanya program pembelajaran individu bagi siswa Slow Learner

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYasfin, Moh. AnwarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Guru BK, Metode Aide Teacher, Kebutuhan Kasih Sayang, siswa Slow Learner
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Jan 2025 07:14
Last Modified: 15 Jan 2025 07:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13235

Actions (login required)

View Item View Item