Efektifitas Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Self-Efficacy

Rahinsa, Khofifah (2023) Efektifitas Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Self-Efficacy. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (197kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi matematika dan self-efficacy siswa kelas VII pada salah satu SMP di Kudus merupakan landasan penelitian ini dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan literasi matematika dan self-efficacy siswa yang memakai model pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pengambilan sample dengan Teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VII A SMP N 5 Kudus yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan memakai model pembelajaran Realistic Mathematic Education dan kelas VII B SMP N 5 Kudus sebagai kelas kontrol yang tidak memakai model pembelajaran Realistic Mathematic Education. Siswa mengerjakan soal tes kemampuan literasi matematika pada materi aritmetika sosial dan angket self-efficacy. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa: 1) kemampuan literasi matematika siswa yang memakai model pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih baik; 2) self-efficacy siswa yang memakai model pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih baik. Hasil temuan ini mengimplikasikan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematic Education dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika dan self-efficacy siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: model Realistic Mathematic Education, kemampuan literasi matematika, aritmetika sosial, self-efficacy
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:42
Last Modified: 21 Jan 2025 07:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13349

Actions (login required)

View Item View Item