Rahinsa, Khofifah (2023) Efektifitas Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Self-Efficacy. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (197kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan literasi matematika dan self-efficacy siswa kelas VII pada salah satu SMP di Kudus merupakan landasan penelitian ini dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan literasi matematika dan self-efficacy siswa yang memakai model pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pengambilan sample dengan Teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas VII A SMP N 5 Kudus yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dengan memakai model pembelajaran Realistic Mathematic Education dan kelas VII B SMP N 5 Kudus sebagai kelas kontrol yang tidak memakai model pembelajaran Realistic Mathematic Education. Siswa mengerjakan soal tes kemampuan literasi matematika pada materi aritmetika sosial dan angket self-efficacy. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa: 1) kemampuan literasi matematika siswa yang memakai model pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih baik; 2) self-efficacy siswa yang memakai model pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih baik. Hasil temuan ini mengimplikasikan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematic Education dapat dijadikan alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika dan self-efficacy siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | model Realistic Mathematic Education, kemampuan literasi matematika, aritmetika sosial, self-efficacy | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:42 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:42 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13349 |
Actions (login required)
View Item |