Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mini Diorama Dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di MI NU Hidayatul Athfal Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023.

Zumaroh, Ismi (2023) Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mini Diorama Dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di MI NU Hidayatul Athfal Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (461kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (699kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (456kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (299kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran problem based learning berbantuan mini diorama dalam melatih keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA Kelas IV di MI NU Hidayatul Athfal Gebog Kudus, 2) Untuk mendeskripsikan pelatihan keterampilan proses sains melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan mini diorama pada pembelajaran IPA Kelas IV di MI NU Hidayatul Athfal Gebog Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif berjenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan di MI NU Hidayatul Athfal Gebog kudus. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV berjumlah 10 siswa dengan rincian 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Sumber data penelitian ini berupa sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi penyusunan RPP, sumber belajar, media pembelajaran, model pembelajaran, strategi pembelajaran, materi pembelajaran, serta evaluasi. Tahap pelaksanaan berlangsung sesuai dengan tahapan model pembelajaran problem based learning yaitu mengorientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyiapkan hasil diskusi, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Tahap evaluasi dengan pemberian tugas berupa tes formatif. 2) Pelatihan keterampilan proses sains siswa dapat dilatih melalui indikator keterampilan proses sains yaitu observasi, mengajukan pertanyaan, meramalkan, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, menafsirkan, serta mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanik, Elya UmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Mini Diorama, Keterampilan Proses Sains
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:46
Last Modified: 21 Jan 2025 08:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13354

Actions (login required)

View Item View Item