Zumaroh, Ismi (2023) Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mini Diorama Dalam Melatih Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di MI NU Hidayatul Athfal Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (461kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (699kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (397kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (456kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (267kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (299kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran problem based learning berbantuan mini diorama dalam melatih keterampilan proses sains pada pembelajaran IPA Kelas IV di MI NU Hidayatul Athfal Gebog Kudus, 2) Untuk mendeskripsikan pelatihan keterampilan proses sains melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan mini diorama pada pembelajaran IPA Kelas IV di MI NU Hidayatul Athfal Gebog Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif berjenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan di MI NU Hidayatul Athfal Gebog kudus. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV berjumlah 10 siswa dengan rincian 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Sumber data penelitian ini berupa sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi penyusunan RPP, sumber belajar, media pembelajaran, model pembelajaran, strategi pembelajaran, materi pembelajaran, serta evaluasi. Tahap pelaksanaan berlangsung sesuai dengan tahapan model pembelajaran problem based learning yaitu mengorientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyiapkan hasil diskusi, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Tahap evaluasi dengan pemberian tugas berupa tes formatif. 2) Pelatihan keterampilan proses sains siswa dapat dilatih melalui indikator keterampilan proses sains yaitu observasi, mengajukan pertanyaan, meramalkan, merencanakan percobaan, menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, menafsirkan, serta mengkomunikasikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media Mini Diorama, Keterampilan Proses Sains | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2025 08:46 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2025 08:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13354 |
Actions (login required)
View Item |