Azizah, Siti Nurul (2024) Personal branding Ustadz Muzammil Hasballah di Media Sosial Instagram @muzammilhb. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01.COVER.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
04.BAB I.pdf Download (891kB) |
![]() |
Text
05.BAB II.pdf Download (700kB) |
![]() |
Text
06.BAB III.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
07.BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
08.BAB V.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (476kB) |
Abstract
Konten di media sosial tidak semua adalah konten positif, Ustadz Muzammil Hasballah hadir sebagai pendakwah muda yang memanfaatkan media sosial sebaik mungkin untuk berdakwah. Kreatifitas konten yang diunggah menarik semua kalangan untuk mengikuti dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui personal branding Ustadz Muzammil Hasballah pada media sosial instagram dan untuk mengetahui personal branding Ustadz Muzammil Hasballah dari ilmu komunikasi Islam. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika. Setting penelitian pada penelitian ini ialah akun instagram milik Ustadz Muzammil Hasballah yaitu @muzammilhb dengan unggahan yang diteliti terhitung dari Januari 2022 hingga Desember 2023. Sumber data yang digunakan terdapat dua macam yaitu sumber data primer diperoleh dari aktivitas Ustadz Muzammil Hasballah melalui unggahan di akun Instagramnya @muzammilhb, dan sumber data sekunder yang diperoleh dari data pendukung diantaranya data literatur, dokumentasi, dan temuan media. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik Pengumpulan data pada penelitian kualitatif ini menggunakan dua teknik yaitu studi dokumentasi dan observasi. Proses pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan model triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan peneliti bersifat deskriptif dengan melakukan langkah-langkah yaitu mengumpulkan data, melakukan reduksi data, mendisplay data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka terdapat beberapa kesimpulan yang tentang personal branding Ustadz Muzammil Hasballah di media sosial Instagram. Pertama, personal branding Ustadz Muzammil Hasballah pada media sosial instagram berdasarkan 8 konsep personal branding dari Peter Montoya membentuk citra Ustadz Muzammil Hasballah sebagai seorang yang tegas, sopan, beretorika, pemimpin kharismatik, dan perfeksionis dengan tujuan yang baik dalam menyampaikan pesan dakwah sehingga dikenal dan memiliki citra baik dari pengikut Instagramnya. Kedua, personal branding Ustadz Muzammil Hasballah dari ilmu komunikasi Islam yaitu membentuk citra Ustadz Muzammil Hasballah memiliki ilmu pengetahuan agama yang tinggi, sikap kepemimpinan berkharismatik, selalu memberikan, seseorang yang lahir dan besar dari keluarga religious menjadikannya orang yang beruntung, berani dalam mengambil langkah untuk berdakwah dengan media sosial, serta selalu taat kepada Allah, mencintai keluarga termasuk bentuk mencintai makhluk ciptaannya, serta percaya bahwa semua yang diberikan Allah akan kembali lagi pada-Nya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Personal branding, @muzammilhb, Media Sosial. | ||||||
Subjects: | Ilmu Komputer, Informasi, Karya Umum > Metode Komputer Khusus > Situs Jejaring Sosial, Sosial Media | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2025 04:20 | ||||||
Last Modified: | 17 Apr 2025 04:20 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |