The Application of Youtube as a Medium for English Speaking Learning: Perceptions of EFL Teacher and Students

Fatah, Fikri Al (2024) The Application of Youtube as a Medium for English Speaking Learning: Perceptions of EFL Teacher and Students. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (540kB)
[img] Text
3. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. CHAPTER I.pdf

Download (666kB)
[img] Text
5. CHAPTER II.pdf

Download (745kB)
[img] Text
6. CHAPTER III.pdf

Download (446kB)
[img] Text
7. CHAPTER IV.pdf

Download (694kB)
[img] Text
8. CHAPTER V.pdf

Download (425kB)
[img] Text
9. REFERENCES.pdf

Download (646kB)

Abstract

Tesis ini membahas penggunaan YouTube sebagai media untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris, dengan fokus pada perspektif guru dan siswa EFL di sekolah menengah atas di Jepara. Ketertarikan peneliti mengambil judul ini didasari dengan pertimbangan bahwa permasalahan dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggris di SMA di Jepara menjadi perhatian utama. Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan video berbasis bahasa Inggris di Youtube untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang dirasakan oleh guru EFL dan siswa, dan (2) untuk mengidentifikasi hambatan dan memberikan solusi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. keterampilan berbicara melalui video berbasis bahasa Inggris di YouTube. Penelitian ini menggunakan studi kasus di lapangan, dimana peneliti langsung melakukan penelitian di SMA yang ada di Jepara. Juga menggunakan metode kualitatif dengan analisis data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan partisipan di lapangan. Bersama partisipan penelitian adalah guru Bahasa Inggris, dan siswa kelas XI-1 dan XI-2 SMA Jepara. Nantinya pelaksanaannya akan dianalisis dalam beberapa tahap, seperti: reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa implementasi yang dilakukan melalui beberapa tahapan seperti Pendahuluan, Pemilihan Video di YouTube, Topik Diskusi, Menonton Video, Diskusi Reflektif, Kegiatan Berbicara, Umpan Balik, dan Penutupan dan Refleksi dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Dan dalam proses pelaksanaannya siswa merasa nyaman, senang, tertarik. Tantangannya ada baik bagi siswa maupun guru. Siswa menghadapi masalah seperti masalah konektivitas internet, gangguan iklan, dan kesulitan menemukan materi yang relevan, sehingga berdampak pada pembelajaran mereka. Demikian pula, guru menghadapi tantangan seperti koneksi internet yang tidak stabil, konten yang tidak pantas, dan kebutuhan untuk menyesuaikan metode pengajaran agar dapat dipahami siswa. Untuk mengatasi tantangan ini, strategi yang ditargetkan sangat penting untuk memastikan penggunaan YouTube yang efektif dalam pembelajaran bahasa. Baik siswa maupun guru menggunakan berbagai strategi, termasuk menggunakan Wi-Fi yang disediakan sekolah, mencari konten informatif, dan memanfaatkan alat seperti headset dan kamus. Guru juga memanfaatkan fasilitas sekolah, mengatur konten, dan menerapkan strategi pedagogi untuk mengatasi masalah teknis dan meningkatkan pemahaman siswa. Selain itu, terdapat manfaat yang dirasakan oleh siswa dan guru, antara lain peningkatan motivasi, kepercayaan diri, dan efektivitas dibandingkan metode konvensional, yang menggarisbawahi potensi YouTube sebagai media pembelajaran kelas berbicara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHakim, Muhammad Arif AlUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Youtube, Media, Berbicara, Persepsi
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Bahasa (Ketrampilan Berkomunikasi)
Bahasa > Bahasa Inggris > Ejaan, Pengucapan Bahasa Inggris Baku
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Jul 2025 08:30
Last Modified: 14 Jul 2025 08:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14606

Actions (login required)

View Item View Item