Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce Terhadap Meme Islam Pada Akun Instagram @Memeislam.id

Daniari, Carel Syah (2024) Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce Terhadap Meme Islam Pada Akun Instagram @Memeislam.id. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (239kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (115kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (839kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)

Abstract

Pengunaan internet di Indonesia memiliki presentasi intensiteas yang tinggi. Indonesia juga menjadi negara pengguna internet terbanyak ururtan kesembilan di dunia. Masyarakat Indonesia cendenrung menggunakan internet untuk media hiburan dan komunikasi dengan tiga aplikasi teratas yaitu Whatsapp, Facebook dan Instagram. Hal ini membuat pengembangan informasi memiliki keuntungan penuh dari teknologi baru seperti media sosial. Segala aspek kehidupan sangat mudah dalam mencari informasi di internet sehingga menimbulkan kebudayaan baru dalam aspek kehidupan. Akibat perubahan kebudayaan tersebut membuat munculnya upaya literatur manfaat positif dalam melakukan dakwah melalui media sosial. Hal ini memberikan berbagai inovasi baru dalam menyampaikan dakwah salah satunya menggunakan meme komik. Meme komik merupakan bentuk gambar yang memiliki makna tersirat dengan penuh semiotika dan retrorika. Dalam sejarahnya meme komik seringkali bertujuan untuk memberikan humor atau lelucon. Melihat perkembangan teknologi yang positif tentunya juga memiliki dampak negatif. Fenomona tersebut tanpa sadar semakin hari semakin menghawatirkan terutama pada kalangan muda mudi yang belum memiliki pengetahuan keagamaan yang baik. Hal ini menjadikan dasar masalah yang ingin dijawab dengan menganalisis dakwah pada media sosial menggunakan meme Islam. Meme Islam merupakan sebuah sarana dakwah yang memberikan pesan pesan ajaran Islam dengan gaya humoris dan ringan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kefektifan dakwah akun isntagram @memeislam.id dalam menyebarkan nilai nilai Islam melalui postingan meme komik, untuk mengetahui manfaat berdakwah menggunakan media sosial yang mengadaptasi cara cara yang humoris dalam dakwahnya, dan untuk mengetahui berdakwah melalui meme komik dapat diterima dengan mudah oleh kalangan muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif disajikan deskriptif. Penelitian dengan judul “Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce Terhadap Meme Islam Pada Akun Instagram @Memeislam.id” menggunakan teori semiotika milik Charles Sanders Pierce terkait penggunaan analisis terhadap meme Islam yang telah di posting akun @memeislam.id. Peirce mendefinisikan tanda sebagai sesuatu yang mewakili sesuatu yang lain bagi seseorang dalam suatu aspek atau kapasitas tertentu. Semiotika mencakup cara tanda berfungsi, bagaimana mereka dimengerti, dan bagaimana mereka digunakan dalam komunikasi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik dokumentasi dengan mengumpulkan dokumen dan sumber sumber tertulis sebagai data penelitian, sedangkan tenik wawancara yang dilakukan dengan admin sekligus pengelola dari akun @memeislam.id. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa meme Islam dinilai lebih mudah dipahami dan praktis dalam menyampaikan dakwah terutama kepada kalangan muda, sedangkan faktor penghambat dari berdakwah menggunakan meme Islam dapat menimbulan kontroversi dan respon negatif. Meme Islam juga memiliki manfaat memberikan hiburan dalam berdakwah sehingga terkesan tidak kaku dalam menyampaikan nilai nilai ajaran Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorThoifuri, ThoifuriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Instagram, Dakwah, Meme Komik
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Oct 2025 08:09
Last Modified: 09 Oct 2025 08:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item