Fida, Zaim (2024) Peran Self Regulation Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Hafalan Al Qur’an Pada Siswa MTs Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (799kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (630kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (650kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (623kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self regulation dalam meningkatkan prestasi akademik dan hafalan Al- Qur’an pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria. Pengkajiannya melalui analisis praktik kegiatan siswa di madrasah tersebut. Setelah itu peneliti mendeskripsikan praktik self regulation oleh siswa di madrasah tersebut dalam meningkatkan prestasi akademik dan hafalan Al- Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengambilan sampel dalam penelitian kualitatif secara purposive (sampel bertujuan). Dari pengamatan tersebut peneliti selanjutnya menganalisis kegiatan responden dimana regulasi diri dari responden memainkan peran yang cukup penting. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah analisis, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa peran regulasi diri intra-personal dan interpersonal pada siswa remaja sangatlah penting dalam menunjang ketercapaian tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Tidak hanya itu, regulasi diri transendental juga turut andil dalam pencapaian tujuan yang ditetapkan oleh responden. Peran self regulation inilah yang kemudian mengatur diri responden, sehingga cita- citanya dapat tercapai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan kemampuan self-regulation merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pendidikan di MTs Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Self-regulation memiliki peran yang sangat penting dalam membantu siswa mengatur waktu, menetapkan tujuan belajar, memonitor kemajuan, dan memotivasi diri dalam proses hafalan Al Qur’an dan kegiatan akademik lainnya. Siswa yang memiliki kemampuan regulasi diri yang baik cenderung lebih mampu mengatasi hambatan belajar dan menunjukkan prestasi akademik yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang regulasi dirinya kurang berkembang. Selain itu, dukungan dari guru dan lingkungan sekolah yang kondusif turut berkontribusi dalam mengembangkan kemampuan self-regulation siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan kemampuan self-regulation merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pendidikan di MTs Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria untuk mencapai hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Self-Regulation, Prestasi Akademik, Hafalan Al Qur’an | ||||||
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2025 02:20 | ||||||
Last Modified: | 13 Oct 2025 02:20 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14844 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |