Penguatan Resiliensi Akademik Santri Melalui Konseling Individu Teknik Person Centered Therapy (Studi Kasus Manajemen Konseling di Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria)

Ulya, Hikmatul (2024) Penguatan Resiliensi Akademik Santri Melalui Konseling Individu Teknik Person Centered Therapy (Studi Kasus Manajemen Konseling di Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an 2 Muria). Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (896kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (432kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (972kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (634kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (512kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen konseling dalam membantu penguatan resiliensi akademik santri di Pondok Pesantren Tahfidh Yanbu’ul Qur’an 2 Muria, yang meliputi tujuan penelitian sebagai berikut. 1) untuk mengetahui kondisi resiliensi akademik santri di Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an (PTPYQ) 2 Muria dalam program manajemen konseling. 2) untuk mengetahui implementasi manajemen konseling dalam upaya penguatan resiliensi akademik santri Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an (PTPYQ) 2 Muria. 3) untuk mengetahui langkah-langkah pelaksanaan konseling Individu teknik person centered therapy oleh guru bimbingan dan konseling dalam upaya penguatan resiliensi akademik santri Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an (PTPYQ) 2 Muria. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitiannya merupakan penelitian pendekatan studi kasus. Fokus penelitian ini yaitu implementasi manajemen konseling individu teknik person centered therapy dalam penguatan resiliensi santri di Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an (PTPYQ) 2 Muria. Sumber data diperoleh dari santri, guru BK, kepala sekolah, murobbi, dan wali kelas dari MTs dan MA, yang terlibat langsung pada manajemen konseling resiliensi akademik santri. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara semi terstruktur, serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kondisi resiliensi akademik santri di Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an (PTPYQ) 2 Muria dalam program manajemen konseling diperoleh kondisi santri yang memiliki resiliensi akademik dan belum memiliki resiliensi akademik, sehingga masih diperlukan penguatan resiliensi yang berkolaborasi dalam manajemen konseling guru BK bersama pemangku pendidikan lainnya. 2) Implementasi manajemen konseling dalam upaya penguatan resiliensi akademik santri Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an (PTPYQ) 2 Muria dilaksanakan dengan menerapkan 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi secara teratur dan teradministrasi. 3) Langkah-langkah pelaksanaan konseling Individu teknik person centered therapy oleh guru bimbingan dan konseling dalam upaya penguatan resiliensi akademik santri Pondok Tahfidh Putri Yanbu’ul Qur’an (PTPYQ) 2 Muria meliputi kegiatan: tahap pembentukan, tahap penjelasan atau identifikasi masalah, tahap refleksi perasaan, tahap eksplorasi ide dan penyelesaian masalah, tahap penguatan, tahap evaluasi kegiatan dan penutup, pada konseling tersebut guru BK mengeksplore ide dan pemecahan masalah santri menggunakan tes grafis.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
UNSPECIFIEDKisbiyanto, KisbiyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Resiliensi akademik, manajemen konseling, konseling person centered therapy
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Oct 2025 03:41
Last Modified: 16 Oct 2025 03:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14852

Actions (login required)

View Item View Item