Pradana, Dicky Abi (2024) Strategi Marketing Pendidikan Melalui MUMTAZA dalam Meningkatkan Kepercayaan Calon Peserta Didik Baru di MI An-Nashriyah Lasem Rembang. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (498kB) |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (357kB) |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (493kB) |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (616kB) |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (342kB) |
|
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (506kB) |
|
|
Text
8. BAB V.pdf Download (252kB) |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi marketing pendidikan melalui MUMTAZA untuk meningkatkan kepercayaan calon peserta didik baru MI An-Nashriyah Rembang. Jenis penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Guru Tahfidz, Guru Bidang Humas, Peserta Didik, dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Huberman dimana analisis data dibagi dalam tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan. Ketiga alur tersebut adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Lembaga pendidikan membangun kepercayaan di masyarakat sebagai calon wali murid peserta didik baru dapat mempercayai lembaga pendidikan di MI An-Nashriyah dengan strategi marketingnya berupa Murid MI Tahfidz Juz ‘Amma. (2) Implementasi manajemen marketing pendidikan yang akan dijalankan pasti melakukan rapat terlebih dahulu tentang program-program yang akan dijalankan dalam jangka satu tahun. Dengan catatan mempertimbangkan terhadap segala bentuk kebutuhan masyarakat, mulai dari proses perencanaanya sampai pada akhir pelaksanaannya harus memperhatikan seberapa besar program ini dibutuhkan oleh masyarakat. (3) Dampak marketing MUMTAZA adalah masyarakat merasa sangat tertarik dengan pelayanan pendidikan yang baik sehingga masyarakat merasa puas terhadap segala bentuk kinerja pendidikan di MI An-Nashriyah dan meningkatkan jumlah peserta didik baru.
| Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Marketing, Kepercayaan, Calon Peserta Didik Baru | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah |
||||||
| Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 06:48 | ||||||
| Last Modified: | 21 Nov 2025 06:48 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14970 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
