Hulala, Naila (2015) HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU PROAKTIF TERHADAP SIKAP TERBUKA SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA 1 BAE KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf Download (456kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (397kB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (408kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (437kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (519kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (505kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (804kB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (343kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
Abstract
Gaya Mengajar guru proaktif adalah perbuatan guru dalam konteks proses belajar mengajar yang bertujuan mengatasi kebosanan siswa, sehingga dalam proses belajarnya siswa senantiasa menunjukkan ketekunan, keantusiasan, serta berperan serta secara aktif. Dalam gaya mengajar, pendekatan mempunyai peran penting untuk mencapai tujuan. Artinya, gaya mengajar tidak akan efektif dan efisien apabila tidak melakukan pendekatan pada saat menyampaikan bahan ajar kepada peserta didik. Dan gaya mengajar akan menjadi tepat jika pendekatan yang dipakai selaras dengan tujuan, materi pelajaran, dan minat serta kebutuhan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Sejauhmana Gaya Mengajar Guru Proaktif pada Mata Pelajaran PAI di SMA 1 Bae Kudus. (2) Sejauhmana sikap Terbuka Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA 1 Bae Kudus. (3) Bagaimana Hubungan Gaya Mengajar Guru Proaktif Terhadap Sikap Terbuka Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA 1 Bae Kudus. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Sejauhmana Gaya Mengajar Guru Proaktif Pada Mata Pelajaran PAI di SMA 1 Bae Kudus. (2) Untuk Mengetahui sikap Terbuka Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA 1 Bae Kudus. (3) Untuk Mengetahui Ada Tidaknya Hubungan Gaya Mengajar Guru Proaktif Terhadap Sikap Terbuka Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA 1 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan dengan pendekatan kuantitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) gaya mengajar guru proaktif pada mata pelajaranPAI di SMA 1 Bae Kudus adalah tergolong baik, sebab memiliki rata-rata sebesar 60 yang termasuk dalam interval 60-69. (2) Sikap terbuka siswa pada mata pelajaran PAI di SMA 1 Bae Kudus adalah tergolong baik, sebab memiliki rata-rata 58 yang termasuk dalam interval 58-66.(3) berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat hubungan gaya mengajar guru proaktif terhadap sikap terbuka siswa pada mata pelajaran PAI di SMA 1 Bae Kudus. Hal ini berdasarkan nilai Fhitung = 58.78, kemudian dikonsultasikan pada pada taraf signifikan 5% Ftabel = 3.99, maka diketahui nilai Freg lebih besar dari Ftabel (58.78>3.99). ini berarti signifikan. adapun hasil nilai korelasi antara gaya mengajar guru proaktif terhadap sikap terbuka siswa pada mata pelajaran PAI di SMA 1 Bae Kudus sebesar 0,686, ini berarti korelasi antar kedua variabel termasuk kuat, karena masuk pada rentang interval (0,60- 0,799). Jadi dapat disimpulkan hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru proaktif terhadap sikap terbuka siswa pada mata pelajaran PAI di SMA 1 Bae Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya mengajar guru proaktif; dan Sikap terbuka siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Jul 2017 05:37 |
Last Modified: | 09 Jul 2017 05:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1501 |
Actions (login required)
View Item |