PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III DI MI NU ATTARBIYATUL ISLAMIYAH JURANG GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS III DI MI NU ATTARBIYATUL ISLAMIYAH JURANG GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (326kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (976kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (385kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa tinggi hasil belajar siswa yang diterapkan strategi konvensional, seberapa tinggi hasil belajar siswa yang diterapkan strategi pembelajaran joyful learning dan mengetahui pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran joyful learning terhadap hasil belajar mapel IPS kelas III MI NU Attarbiyatul Islamiyah. Penelitian ini jenis penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas III MI NU Attarbiyatul Islamiyah dengan jumlah 76 siswa. Pengumpulan data dengan instrumen tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji SPSS Statistik parametrik. Hasil belajar siswa yang diterapkan strategi konvensional di kelas kontrol dalam kategori baik, karena diperoleh rata-rata hasil belajar 70,97. Hasil belajar siswa yang diterapkan strategi Joyful learning di kelas eksperimen dalam kategori sangat baik, karena rata-rata hasil belajar 81,84. Terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi joyful learning terhadap hasil belajar siswa mapel IPS di kelaseksperimen.. Hal ini buktikan uji t (independent sample test) dengan bantuan olah data SPSS memperoleh nilai sig ≤ 1/2 α (0,000 ≤ 0,025) , juga diperolehnya nilai t hitung > t tabel (3,848 >2,043)., berarti H_0 ditolak / H_1 diterima yang maknanya ada pengaruh siginifikan antara strategi joyful learning terhadap hasil belajar siswa / Strategi Joyful Learning lebih baik dari strategi konvensional). Hal itu dibuktikan rata-rata hasil belajar siswa yang diterapkan strategi joyful learning mempeoleh 81,84 lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran konvensional dengan rata-rata 70,79.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Joyful Learning; Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:12
Last Modified: 25 Mar 2019 03:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2217

Actions (login required)

View Item View Item