SYARIFA, ULYA (2017) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KECEMASAN BELAJAR SISWA DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs ISLAMIC CENTRE KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
1. COVER.compressed.pdf Download (278kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.compressed.pdf Download (55kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.compressed.pdf Download (45kB) |
|
Text
4. BAB I.compressed.pdf Download (86kB) |
|
Text
5. BAB II.compressed.pdf Download (261kB) |
|
Text
6. BAB III.compressed.pdf Download (71kB) |
|
Text
7. BAB IV.compressed.pdf Download (165kB) |
|
Text
8. BAB V.compressed.pdf Download (72kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.compressed.pdf Download (59kB) |
Abstract
Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui apa saja aspek-aspek yang menjadi penyebab adanya kecemasan siswa ketika mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Islamic Centre Bae Kudus, 2) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kecemasan belajar siswa dengan menggunakan teknik desensitisasi sistematik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Islamic Centre Bae Kudus, 3) Untuk mengetahui apa saja kendala yang ada dan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi kecemasan belajar siswa di MTs Islamic Center Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan di lapangan yang bersifat verbal (kata-kata atau gambar) dengan subyek penelitian meliputi Guru Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dan beberapa siswa kelas IX MTs Islamic Centre Bae Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi yakni pengamatan tentang pelaksanaan pembelajaran di MTs Islamic Centre Bae Kudus, dan fasilitas sarana dan prasarana, juga keadaan gedung MTs Islamic Centre Bae Kudus. Wawancara mengenai strategi guru dalam mengatasi kecemasan belajar siswa dengan teknik desensitisasi sistematik dan dokumentasi berupa data-data saat pembelajaran di kelas. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data dengan mengelompokkan semua data yang telah ditemukan, penyajian data dengan membuat pola yang berhubungan dengan rumusan masalah, dan verifikasi data dengan menyimpulkan data yang telah dikelompokkan hingga menjadi pola yang sesuai dengan rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aspek-aspek yang menjadi penyebab kecemasan belajar siswa dalam mengikuti pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Islamic Centre ialah ketidakmampuan siswa dalam menghafal ayat Al-Qur’an yang ditandai dengan gejala fisik seperti berkeringat dingin, tegang, dan bingung, 2) Strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi kecemasan belajar yaitu dengan menggunakan teknik desensitisasi sistematik (untuk menghilangkan perilaku negatif). Diantara strategi tersebut adalah dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, melakukan pembelajaran di luar kelas, 3) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaannya adalah tingkat kecerdasan atau pemahaman siswa yang berbeda. Selain tingkat kecerdasan yang berbeda, lingkungan keluarga juga berpengaruh terhadap siswa. Selain upaya tersebut, solusi untuk mengatasi kecemasan belajar siswa di sekolah, guru menciptakan suasana pembelajaran di kelas yang menyenangkan, agar kecemasan belajar yang ada pada diri siswa dapat hilang secara berangsur-angsur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru; Kecemasan Belajar Siswa; Teknik Desensitisasi Sistematik |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 06:38 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 06:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2336 |
Actions (login required)
View Item |