FITRIANI, IKA (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN MADRASAH BERBASIS TAHFIDZ DI MTs N 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (382kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (472kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (445kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (656kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (461kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (643kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (399kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi program pengembangan madrasah berbasis tahfidz di MTs N 3 Demak tahun pelajaran 2017/2018 (2) Kendala yang dihadapi dalam implementasi program pengembangan madrasah berbasis tahfidz di MTs N 3 Demak tahun pelajaran 2017/2018 (3) Faktor pendukung implementasi program pengembangan madrasah berbasis tahfidz di MTs N 3 Demak tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil subjek Ketua Kemenag Kabupaten Demak, guru BTQ, guru tahfidz, dan siswa MTs N 3 Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yakni melalui (1) Uji kredibilitas, (2) Uji transferability, (3) Uji dependability, dan (4) Uji konfirmability. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verification. Adapun lokasi penelitiannya adalah di MTs N 3 Demak. Hasil dari penelitian yaitu (1) Implementasi program pengembangan madrasah berbasis tahfidz di MTs N 3 Demak tahun pelajaran 2017/2018 sudah sesuai dengan juknis yang telah dicanangkan dari pihak Kemenag. Dalam buku profidz sudah tercantum mengenai metode yang digunakan dalam proses pembelajan tahfidz yaitu menggunakan metode bi nazhar, tasmi’,talaqqi, dan takriri. (2) Kendala program pengembangan madrasah berbasis tahfidz di MTs N 3 Demak tahun pelajaran 2017/2018 yaitu pertama, lembaga MTs N 3 Demak mengalami kesulitan dalam hal SDM diantaranya yaitu latar belakang pendidikan siswa yang berbeda-beda, kesungguhan siswa yang berbeda-beda, kesukaran siswa dalam menghafal karena IQ siswa yang rendah, menurunnya semangat siswa dalam menghafal, adanya rasa jemu dan bosan dari anak, faktor pendidik yang masih minim. Ketiga, alokasi waktu yang minim, karena di MTs N 3 Demak tersebut bukan termasuk boarding school.(3) Faktor pendukung program pengembangan madrasah berbasis tahfidz yaitu tingkat kesiapan dari pihak madrasah dirasa sudah mumpuni untuk menjalankan progam pailot project yang dicanangkan Kemenag, diantaranya adanya niat dan semangat siswa yang kontinued, IQ siswa yang cerdas, lingkungan keluarga dan lingkungan teman yang mendukung. Adanya komitmen guru, pihak sekolah dan wali murid serta dukungan dan arahan dari pihak kemenag. Adapun bentuk dukungan dari pihak Kemenag yaitu adanya bantuan Al-Qur’an tahfidz, study banding, pelatihan kepada pendidik mengenai metode mengajar, adanya motivasi dan arahan serta adanya monitoring dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Program Pengembangan; Tahfidz |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 08:17 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 08:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2346 |
Actions (login required)
View Item |