PENERAPAN METODE MAH}FU>Z}A>T MUFRADA>T BAHASA ARAB DI MI NU BAITUL MUKMININ GETAS PEJATEN JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RAHAYU, HUDAYANI (2018) PENERAPAN METODE MAH}FU>Z}A>T MUFRADA>T BAHASA ARAB DI MI NU BAITUL MUKMININ GETAS PEJATEN JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (570kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (761kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (649kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (365kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan metode mah}fu>z}a>t mufrada>t Bahasa Arab di MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten jati Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Penerapan metode mah}fu>z}a>t mufrada>t Bahasa Arab di MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten jati Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan yang dilakukan peneliti di kelas dan di ruang guru (kantor) menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui 1) Observasi pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode mah}fu>z}a>t mufrada>t, penyetoran hafalan mufrada>t yang dilakukan peserta didik di kelas dan di ruang guru, 2) Wawancara kepala madrasah mengenai metode-metode pembelajaran Bahasa Arab dan lingkungan madrasah, dengan guru Bahasa Arab kelas VI mengenai penerapan metode mah}fu>z}a>t mufrada>t, faktor pendukung dan penghambat serta perkembangan peserta didik. Wawancara dengan peserta didik mengenai penghafalan kosa kata serta kesulitan yang mereka alami saat menghafal kosa kata 3) Dokumentasi mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku produk hasil belajar peserta didik yaitu buku kosa kata serta data peserta didik kelas VI. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, guru dan peserta didik yang kemudian dilakukan reduksi data mengenai pembelajaran metode mah}fu>z}a>t mufrada>t, penghafalan kosa kata, proses penyetoran hafalan serta buku produk hasil belajar peserta didik yaitu buku mufrada>t. Kemudian data mengenai proses penghafalan kosa kata, penyetoran hafalan, serta buku mufrada>t dan proses active recall tersebut disajikan kemudian dilakukan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode mah}fu>z}a>t mufrada>t Bahasa Arab di kelas VI dapat dikategorikan baik dan sesuai. Pada penerapan metode tersebut, guru juga mengupayakan agar peserta didik menjadi disiplin dan bertanggung jawab, karena mereka dituntut untuk mengejar target hafalan yang telah ditentukan dengan cara menyetorkan hafalan mereka. Penerapan metode tersebut menjadikan peserta didik memiliki produk hasil belajar Bahasa Arab yaitu buku mufrada>t yang berisi kosa kata yang telah mereka hafal. Penerapan metode tersebut berhasil untuk membantu peserta didik belajar Bahasa Arab dan meningkatkan hasil belajar mereka. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode mah}fu>z}a>t mufrada>t Bahasa Arab di MI NU Baitul Mukminin adalah sebagai berikut: Faktor pendukung yang pertama adalah dari kesungguhan guru, Kedua kondisi dan kesungguhan dari peserta didik. Faktor penghambat datang dari psikologis peserta didik serta latar belakang keluarga peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jun 2019 01:36
Last Modified: 27 Jun 2019 01:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2706

Actions (login required)

View Item View Item