PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI SABILUL ULUM MAYONGLOR MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/1018

Zahroh, Umi (2018) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI MI SABILUL ULUM MAYONGLOR MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/1018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (600kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (274kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (256kB)
[img] Text
7. BAB.pdf

Download (438kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

Standar kompetensi mata pelajaran IPS SD/MI yang termuat dalam kurikulum pelajaran IPS, meliputi aspek menghargai berbagai peninggalan tokoh sejarah, keragaman, dan suku bangsa. Dalam materi IPS di kelas V mengalami kesulitan dalam memilih metode yang tepat untuk memahami materi dan pendidikpun belum dapat menemukan metode yang tepat untuk membelajarkannya. Berdasarkan observasi yang dilakukan MI Sabilul Ulum Mayonglor Jepara, pembelajaran IPS dirasa sangat kurang optimal. Dalam hal ini penulis beranggapan bahwa media pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS demi meningkatkan Keterampilan Sosial siswa yakni menggunakan metode pembelajaran Cooperative Teknik Think Pair Share. Media pembelajaran ini yang cocok untuk membimbing siswa dalam mempelajari keterampilan dasar bersosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Eksperimen yang termasuk dalam bentuk penelitian Preexperimental Design. Jenis penelitian ini digunakan karena keterbatasan subjek yang akan diteliti. One-group pre-test-posttest design, yaitu satu kelompok eksperimen diukur variable dependennya (pre- test ),kemudian diberikan stimulus, dan diukur kembali variable dependennya (post-test ),tanpa ada kelompok pembanding. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data mengunakan rumus Paired Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Penggunaan metode Pembelajaran Cooperative Teknik Think Pair Share MI Sabilul Ulum Mayonglor Jepara yaitu, peserta didik dapat menjadi aktif dalam besosialisai serta peserta didik lebih kritis dalam mengemukakan pendapat. (2)Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan Pembelajaran Cooperative Teknik Think Pair Share (sebagaimana dalam output SPSS 18.0 padauji t test paired sampel ) diketahui Sig.adalah 0,00 dan ini< 0,05, maka media Pembelajaran Cooperative Teknik Think Pair Share (X )berpengaruh dengan hasil keterampilan sosial siswa (Y ). Nilai Pretest masuk kedalam interval <60 yang berarti “kurang” lebih tepatnya mendapat nilai rata-rata 58,32, sedangkan nilai posttest masuk kedalam interval 51-60 yang berarti “tinggi” lebih tepatnya mendapat nilai rata-rata 90,24. Dilihat dari nilai pretest (sebelum menggunakan Pembelajaran Cooperative Teknik Think Pair Share )dan posttest (setelah menggunakan Pembelajaran Cooperative Teknik Think Pair Share )terdapat selisih 30%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, keterampilan sosial
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 May 2020 14:29
Last Modified: 14 May 2020 14:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item