Khakim, Muhammad Lutfi (2019) IMPLEMENTASI METODE MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) PADA PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYYAH NU MAZRO’ATUL HUDA KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (83kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (111kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (148kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (97kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (335kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi metode Meaningful Instructional Design (MID) pada pembelajaran Fiqih dalam menumbuhkan kreativitas belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyyah NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. 2) Faktor pendukung dan penghambat metode Meaningful Instructional Design (MID) pada pembelajaran Fiqih dalam menumbuhkan kreativitas belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyyah NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan data diuji dengan cara Triangulasi, member check. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Implementasi metode Meaningful Instructional Design (MID) pada pembelajaran Fiqih dalam menumbuhkan kreativitas belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyyah NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak: 1. Lead-in: Guru menggali pengalaman siswa, 2. Recontruction: Guru memfasilitasi pembelajaran, 3. Production: Peserta didik mampu mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari. Hasil Implementasi Metode Meaningful Instructional Design (MID) pada pembelajaran Fiqih dalam menumbuhkan kreativitas belajar peserta didik, yaitu: Peserta didik lebih aktif bertanya, berani mengemukakan pendapat, memudahkan peserta didik dalam memahami dan memecahkan masalah berdasarkan konsep yang telah dipahami, 2) Faktor pendukung metode Meaningful Instructional Design (MID) pada pembelajaran Fiqih dalam menumbuhkan kreativitas belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyyah NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak, yaitu; 1. Faktor sarana dan prasarana, 2. Faktor kemampuan pedagogis dan metodologis guru, 3. Tersedianya buku paket/penunjang. Faktor penghambat metode Meaningful Instructional Design (MID) pada pembelajaran Fiqih dalam menumbuhkan kreativitas belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyyah NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak, yaitu: 1. Faktor kemampuan internal peserta didik dalam menerima pelajaran, 2. Seringnya mengandalkan siswa yang pintar dalam diskusi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Meaningful Instructional Design |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 May 2020 04:02 |
Last Modified: | 18 May 2020 04:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2814 |
Actions (login required)
View Item |