NORYANI, ISNAINI IDA (2019) Implementasi Permainan Navigasi Arah Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual - Spasial Anak Usia Dini Di RA NU Mawaqi’ul Ulum Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR_to.pdf Download (2MB) |
|
Text
1. ABSTRAK_to.pdf Download (450kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 BAB I_to.pdf Download (998kB) |
|
Text
5 BAB II_to.pdf Download (2MB) |
|
Text
6 BAB III_to.pdf Download (1MB) |
|
Text
7 BAB IV_to.pdf Download (4MB) |
|
Text
8 BAB V_to.pdf Download (393kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA_to.pdf Download (617kB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran pengembangkan Kecerdasan Visual - Spasial Anak Usia Dini disampaikan dalam pembelajaran melalui permainan navigasi arah pada anak usia 4 tahun yang baru mengenal spasial dua arah. Studi ini memiliki 3 rumusan masalah yakni : (1) Bagaimana kondisi objektif pengembangan kecerdasan visual spasial pada anak usia dini di RA NU Mawaqi’ul Ulum Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus?; (2) Bagaimana implementasi permainan navigasi arah dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial anak usia dini di RA NU Mawaqi’ul Ulum Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus? dan (3) Kendala dalam implementasi permainan navigasi arah dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak usai dini di RA NU Mawaqi’ul Ulum Desa Medini Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus? Permasalah tersebut dilaksanakan melalui studi lapangan (field research) dengan fokus RA NU Mawaqi’ul Ulum Medini Undaan Kudus. Sumber data Primer diperoleh melalui kepala RA, guru kelas dan wali murid. Sumber data sekunder didapat dari buku-buku serta referensi yang relevan serta jurnal – jurnal dan website yang terkait dengan permainan navigasi arah dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial anak usia dini. Data tersebut dikumpulkan melalui teknik observasi permainan navigasi arah pada anak kelompok A, wawancara serta dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hal ini menunjukkan bahwa : (1) Kondisi objektif pengembangan kecerdasan visual spasial pada anak usia dini di RA NU Mawaqi’ul Ulum sebelum dilakukan permainan navigasi arah, anak masih belum begitu memahami cara menyebutkan arah. (2) Implementasi pengembangan kecerdasan visual spasial dengan permainan navigasi arah dengan permainan di luar kelas berjalan – jalan di sekitar lingkungan sekolah, menggunakan tahapan anak beraris dua dua sampai belakang menghadap ke arah matahari terbit, anak mengikuti perintah guru berjalan kearah timur matahari terbit dan mengikuti arahan belok kanan ataupun belok kiri kemudian anak diberi aba – aba dengan bertepuk untuk berbalik arah ke arah barat atau arah matahari tenggelam sehingga proses pembelajaran pengenalan arah menjadi lebih menyenangkan tidak monoton didalam ruang. (3) Kendala dari implementasi ini ada 2 hal yaitu : (a) Segi Rasio yang mempengaruhi penggunaan permainan navigasi arah berupa rasio antara guru yang tidak seimbang 1 guru mengajar 22 siswa. Solusi yang diterapkan berupa pengawasan exstra terhadap anak – anak dengan cara berbaris rapi sambil berpegangan satu sama yang lainnya. (b) Segi Anak ketika permainan dilakukan di luar ruang anak cenderung sangat aktif bermain karena merasa bebas tidak bosen selalu di dalam kelas. Solusinya dengan mengkondisikan anak untuk selalu berkumpul dengan temannya tidak terpisah sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan navigasi arah, kecerdasan visual spasial |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 06:43 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 06:43 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3175 |
Actions (login required)
View Item |