Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak

Yunianingsih, Yunianingsih (2019) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (592kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (511kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (602kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam masih berada dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut peneliti melakukan eksperimen terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tujuan untuk (1) mengetahui bagaimana hasil belajar Siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media gambar pada kelas eksperimen dan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak (2) mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar Siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media gambar dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII Di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak yakni pada kelas VII. Peneliti menggunakan teknik sampling purposive dan terpilih dua kelas untuk dijadikan kelas penelitian. Data yang dianalisis menggunakan uji parametrik yaitu uji ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Hasil belajar siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media gambar kelas eksperimen dan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan model pembelajaran Student Team Achievement Division kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak berdasarkan data nilai rata-rata posttest hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 77. Sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,75. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media gambar dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. Berdasarkan hasil posttest, kemudian di uji dengan uji Independent sample t test dan diketahui bahwa bahwa nilai signifikansi < 0.05 yaitu 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Aug 2020 07:43
Last Modified: 26 Aug 2020 07:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3223

Actions (login required)

View Item View Item