Asror, Ahmad Maulana (2019) Peran Guru Dalam Membina Moralitas Siswa Di SMK Al – Islam Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (603kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (471kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (709kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (388kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (670kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (340kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi oleh makin merosotnya moral anak di zaman yang semakin maju. Skripsi disusun dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Peran guru dalam membina moralitas siswa di SMK Al – Islam Kudus, (2) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam membina moralitas siswa di SMk Al – Islam Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru wali kelas (kelas X, XI, XII) dan siswa (kelas X, XI, XII). Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Peran guru dalam membina moralitas siswa di SMK Al – Islam dilakukan melalui beberapa program yang dilakukan oleh guru yakni sholat berjamaah, khotmil qur’an, pembelajaran dan mentoring. Dari program-programtersebut guru berperan sebagai demonstator, pengelola kelas, mentor, motivator dan evaluator. 2) Faktor pendukung peran guru dalam membina moralitas siswa ialah sekolah dan keluarga. Sekolah meliputi boarding school, sarana prasarana dan lingkungan SMK Al – Islam kudus yang agamis. Dan keluarga maksudnya ialah peran serta orang tua dalam mengawasi moral anak ketika di rumah. Kemudian fakor penghambat dari peran guru dalam membina moralitas siswa ialah masih adanya siswa (SDM) yang malas karena kecapekan ketika mengikuti pembinaan tetapi sifatnya personal, maraknya informasi negatif yang beredar melalui media sosial, masih ada orang tua yang kurang mengawasi anak ketika di rumah dan waktu yang terlalu sedikit untuk melakukan pembinaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Moralitas |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 03:30 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 03:30 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3325 |
Actions (login required)
View Item |