Wahyuni, Ayuk Tri (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Team Accelerated Instruction (CLTAI)Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di MI Darul Falah Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (104kB) |
|
Text
05 BAB II AYUK.pdf Download (289kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (381kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (947kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
Abstract
Hasil belajar matematika kelas IV MI Darul Falah tergolong masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan hasil ulangan harian kelas IV mencapai 43% yang sudah memenuhi KKM, sedangkan yang belum memenuhi KKM mencapai 57%. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran matematika masih menggunakan model konvensional, serta minimnya peran peserta didik, kurangnya ruang untuk mengembangkan pengetahuan peserta didik, maka hal tersebut berdampak pada hasil belajar peserta didik. Untuk itu peneliti menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Team Accelerated Instruction (CLTAI). Tujuan peneitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran CLTAI lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvensional atau ceramah. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian one group pretest-postest. Populasi yaang diambil yaitu keas IV MI Darul Falah dengan sampel kelas IVA. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen. Proses pembelajaran kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Team Accelerated Instruction (CLTAI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar matematika sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Team Accelerated Instruction nilai rata-rata masih di bawah KKM dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 65,55. 2) Hasil belajar matematika setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning Team Accelerated Instruction nilai rata-rata sudah mencapai KKM dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 78,36. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang sangat signifikan dengan hasil belajar pretest dan postest kelas eksperimen diperoleh nilai thitung yaitu -11,350 > ttabel 2,01 dengan taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai pretest dan postest kelas eksperimen terdapat peningkatan yang signifikan. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus uji t, terbukti bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Team Accelerated Instruction (CLTAI) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Saran yang diajukan dalam penelitian ini disarankan agar penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Team Accelerated Instruction (CLTAI) disosialisasilam dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajarn matematika di sekolah. Selain itu agar diadakan lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Tipe CLTAI, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 02:29 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 02:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3445 |
Actions (login required)
View Item |