Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus

Janah, Nur (2020) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (460kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (343kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (457kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (941kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (806kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (641kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (551kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (flied research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan mendatangi langsung lokasi atau tempat penelitian untuk mencari bahan-bahn yang mendekati realitas kondisi yang diteliti. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dan melakukan studi lapangan di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas V, cara pengambilan sampelnya berdasarkan teknik sampling jenuh yaitu menggunakan semua anggota populasi sebagai sampel karena jumlah populasi relatif kecil. Kemudian diuji dengan uji statistik menggunakan regresi eksponensial dan korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap kemampuan berpikir kritis kelas V pada mata pelajaran matematika di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus dengan persamaan regresi Y ̂=3,19 + 0,587X1. Kompetensi pedagogik guru memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,940. Berdasarkan hasil koofisien determinasi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru memberikan konstribusi sebesar 88,5% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di MI NU Salafiyah Jekulo Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:04
Last Modified: 22 Feb 2021 07:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3589

Actions (login required)

View Item View Item