Mauliddiah, Ellina (2020) Pengelolaan Kelas Melalui Strategi Joyful Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Mazroatul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (829kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (457kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (572kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (728kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (348kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (284kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (469kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk menganalisis secara mendalam pelaksanaan pengelolaan kelas melalui strategi Joyful Learning pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Mazroatul Huda Karanganyar Demak, baik bentuk pengelolaan kelas yang bersifat fisik maupun pengelolaan kelas yang bersifat nonfisik serta faktor pendukung dan penghambat pengelolaan kelas melalui strategi Joyful Learning pada pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru Sejarah Kebudayaan Islam dan peserta didik kelas X serta pihak-pihak terkait dengan penelitian ini yang diambil menggunakan tehnik Purposive Sampling. Data-data mengenai pelaksanaan pengelolaan kelas melalui strategi Joyful Learning dikumpulkan dengan teknik penyebaran angket, observasi, wawancara kepada beberapa narasumber terkait, serta dokumentasi. Setelah peneliti menganalisis data-data yang terkumpul dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) bentuk pengelolaan kelas yang bersifat fisik melalui strategi Joyful Learning meliputi penataan ruang kelas peserta didik serta pengaturan peserta didik dalam belajar. 2) bentuk pengelolaan kelas yang bersifat non fisik melalui strategi Joyful Learning meliputi pengelolaan interaksi antar peserta didik dengan memperhatikan adanya tindak diskriminatif dan dominasi, interaksi guru dan peserta didik dengan memahami karakteristik peserta didik, menggunakan metode yang bervariasi, teach to learn, mendorong peserta didik untuk aktif dan memberikan umpan balik, mengakhiri pembelajaran dengan kalimat-kalimat motivasi serta memeperhatikan kondisi lingkungan belajar. 3) Faktor pendukung pengelolaan kelas melalui strategi Joyful Learning meliputi: adanya guru yang berkompeten, antusiasme peserta didik dalam menerima pembelajaran, adanya keterikatan antara guru dan peserta didik, adanya sarana dan prasarana yang memadai serta implementasi kurikulum 2013. Sedangkan faktor penghambat pengelolaan kelas melalui strategi Joyful Learning meliputi: keterbatasan alokasi waktu pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, penempatan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di jam terakhir, kurangnya kedisiplinan peserta didik serta kesalahan pemilihan lingkungan pergaulan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas; Strategi Joyful Learning; Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 03:23 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 03:23 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3616 |
Actions (login required)
View Item |