Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Kecemasan Menjelang Ujian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Semester Genap di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Hidayah, Nur Lailatul (2020) Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Kecemasan Menjelang Ujian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Semester Genap di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (868kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (257kB)
[img] Text
3.Daftra Isi.pdf

Download (220kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (411kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (472kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (209kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan pembelajarn berbasis e-learning yang baru dilaksanakan akhir-akhir ini karena adanya pandemi COVID-19 khususnya di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati tepat pada waktu menjelang ujian akhir semester, dengan begitu banyak dari peserta didik yang merasa belum siap dan tertekan, tidak hanya itu proses pembelajarannya juga tidak berjalan dengan maksimal sehingga mereka tidak puas dengan hasil ujian akhir semesternya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap kecemasan menjelang ujian akhir semester pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII semester genap di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa Quasi Experimental Design, pengumpulan datanya melalui observasi dan angket (kuesioner) yang dilaksanakan di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati pada kelas VII. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menujukkan bahwa: 1) rata-rata peserta didik tidak setuju dengan dilaksanakannya pembelajaran berbasis e-learning hal ini dibuktikan hasil mean atau rata-rata angket pembelajaran berbasis e-learning menunjukkan nilai sebesar 40,47 dari 123 responden dan termasuk dalam interval (39 – 46) yang merupakan kategori dari tidak setuju. 2) Hasil dari analisis angka dengan menggunakan korelasi product moment yang dimasukkan kedalamn SPSS adalah sebesar – 0,651 dengan besaran sekitar 0,60 – 0,799. Dari data tersebut dikonsultasikan dengan “r” tabel dengan df = 121; pada taraf signifikansi 5% diperoleh “rt” sebesar 0,176, sedangkan “r” hitung besarnya – 0,651, maka lebih besar dari “rt”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh negatif yang signifikansi antara variabel X atau pembelajaran berbasis e-learning dengan variabel Y atau kecemasan menjelang ujian akhir semester pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VII semester genap di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis E-learning, Kecemasan Menjelang Ujian Akhir Semeste
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:06
Last Modified: 22 Jun 2021 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4459

Actions (login required)

View Item View Item