Hidayah, Nur Lailatul (2020) Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Kecemasan Menjelang Ujian Akhir Semester Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII Semester Genap di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (868kB) |
|
Text
2.Abstrak.pdf Download (257kB) |
|
Text
3.Daftra Isi.pdf Download (220kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (232kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (411kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (472kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (209kB) |
|
Text
9.Daftar Pustaka.pdf Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan pembelajarn berbasis e-learning yang baru dilaksanakan akhir-akhir ini karena adanya pandemi COVID-19 khususnya di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati tepat pada waktu menjelang ujian akhir semester, dengan begitu banyak dari peserta didik yang merasa belum siap dan tertekan, tidak hanya itu proses pembelajarannya juga tidak berjalan dengan maksimal sehingga mereka tidak puas dengan hasil ujian akhir semesternya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII dan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis e-learning terhadap kecemasan menjelang ujian akhir semester pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII semester genap di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa Quasi Experimental Design, pengumpulan datanya melalui observasi dan angket (kuesioner) yang dilaksanakan di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati pada kelas VII. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menujukkan bahwa: 1) rata-rata peserta didik tidak setuju dengan dilaksanakannya pembelajaran berbasis e-learning hal ini dibuktikan hasil mean atau rata-rata angket pembelajaran berbasis e-learning menunjukkan nilai sebesar 40,47 dari 123 responden dan termasuk dalam interval (39 – 46) yang merupakan kategori dari tidak setuju. 2) Hasil dari analisis angka dengan menggunakan korelasi product moment yang dimasukkan kedalamn SPSS adalah sebesar – 0,651 dengan besaran sekitar 0,60 – 0,799. Dari data tersebut dikonsultasikan dengan “r” tabel dengan df = 121; pada taraf signifikansi 5% diperoleh “rt” sebesar 0,176, sedangkan “r” hitung besarnya – 0,651, maka lebih besar dari “rt”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh negatif yang signifikansi antara variabel X atau pembelajaran berbasis e-learning dengan variabel Y atau kecemasan menjelang ujian akhir semester pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VII semester genap di MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis E-learning, Kecemasan Menjelang Ujian Akhir Semeste |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 03:06 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 03:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4459 |
Actions (login required)
View Item |